• iklan 3


  • 105 Peserta Lolos Administrasi

    0

    kpu 2Palembang, Jurnalsumatra.com- Minat masyarakat untuk bergabung dalam  Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi cukup bagus. Terbukti, sejak dilakukan pendaftaran dan ditutup 16 Agustus lalu, sudah 106 peserta yang mendaftar dan 105 peserta dinyatakan lolos administrasi.

    Ahmad Naafi Komisioner KPU Provinsi Sumsel Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi  Masyarakat  mengatakan, pendaftar berasal dari latar belakang yang beragam. Mulai dari pelajar,  mahasiswa,  swasta, PNS , advokat, dan jurnalis.

    “Seleksi administrasi sudah cukup ketat, Apabila nanti kami temukan ada pelanggaran peserta seleksi  terhadap ketentuan peserta tentu akan diambil tindakan tegas, “ kata Naafi kepada wartawan, Jumat (19/8)

    Selanjutnya, 105 peserta yang dinyatakan lolos dan berhak mengikuti seleksi tertulis yang akan digelar Senin (22/8) Pukul 13.30 – selesai di KPU Provinsi Sumatera Selatan.

    “Komunitas ini akan mendapatkan fasilitas berupa pelatihan kepemiluan oleh KPU Provinsi Sumsel dan melibatkan fasilitator nasional dan akan dilibatkan dalam setiap aktifitas kepemiluan dan demokrasi,” kata Naafi.

    Sementara itu, Ketua KPU Prov Sumsel H Aspahani mengatakan, banyaknya peserta yang mengikuti seleksi kursus komunitas kepemiluan ini membuktikan iklim demokrasi di Sumatera Selatan mulai tumbuh dan dinamis serta  mendapat respon positif masyarakat. Mengenai daya tampung peserta kursus kepemiluan , Aspahani mengatakan disesuaikan dengan anggaran yang telah direvisi sehingga terbatas maksimal sekitar  30 peserta. “Silahkan calon peserta mengikuti seleksi dengan sebaik-baiknya, “ katanya.

    Sebelumnya diberitakan  bahwa latar belakang akan dibentuknya komunitas peduli pemilu dan demokrasi di Sumatera Selatan ini  adalah untuk  penegakan  pilar demokrasi  yang tidak mungkin tanggung jawab itu hanya disematkan kepada penyelenggara saja.

    “Pembangunan demokrasi membutuhkan keterlibatan masyarakat secara luas dan berkualitas, mereka yang teripilih akan dilatih melalui kursus kepemiluan dan dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan KPU , selanjutnya  mereka akan membentuk komunitas peduli pemilu dan demokrasi,” pungkasnya. (Wira)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com