• iklan 3


  • Petugas Sensus Temukan Jenis Usaha Belum Terdata

    0

        Musirawas, jurnalsumatra.com – Petugas sensus ekonomi di Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan yang diturunkan bulan lalu telah menemukan 28 jenis usaha rumah tangga belum terdata, sehingga dilakukan sensus ulang dimulai awal Juli 2016.
    Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Musirawas, Aidil Adha, Sabtu mengatakan dalam upaya memenuhi target sensus ekonomi (SE) yang ada di wilayah itu, sejumlah petugas melakukan pendataan ulang usaha rumah tangga di setiap kecamatan.
    “Dari penyisiran pertama tim kita telah menemukan 28 jenis usaha rumah tangga yang digeluti masyarakat namun belum terdata, untuk melengkapi data sensus ekonomi itu maka dilakukan penyisiran ulang pada 14 kecamatan di wilayah setempat,” katanya.

        Ia menjelaskan, untuk sensus usaha rumah tangga tersebut berlangsung 16 Juni 2016 dan berahir 3 Juli 2016 targetnya sudah mencapai 100 persen selesai, namun dalam pelaksanaannya masih ada usaha rumah tangga luput dari pendataan, sehingga dilakukan sensus ulang.
    Usaha rumah tangga yang tidak tampak dan belum terdata itu antara lain usaha jual beli pulsa, kerajinan, UKM, penyediaan tukang urut, maupun usaha penyediaan tenaga outsourching bangunan.
    Masing-masing jenis usaha tersebut tidak memiliki tempat ataupun kantor sehingga sulit dilacak, namun dalam kegiatan itu menambah penghasilan masyarakat.
    “Kita meyakini masih banyak usaha tidak tampak yang dilakukan masyarakat, dengan kondisi itu maka petugas terus melakukan penyisiran hingga batas waktu ditentukan, intinya kita terus bekerja dalam menyukseskan Sensus Ekonomi untuk memberikan gambaran kondisi ekonomi  di Musirawas,” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com