• Kawasan Hutan Gambut Jambi Tinggal 179.963 Hektare

    0

    Jambi, jurnalsumatra.com- Komunitas Konservasi Indonesia Warsi menyebutkan kawasan hutan alam gambut di Provinsi Jambi kini tinggal 179.963 hektare dari awalnya seluas 621.089 hektare.
    Berdasarkan analisis yang dilakukan unit GIS WARSI, kawasan hutan alam pada kawasan gambut itu berada di kawasan konservasi yaitu Taman Nasional Berbak, Hutan Lindung Bram Hitam dan Hutan Lindung Sungai Buluh, kata Manager Komunikasi KKI Warsi Rudisyaf di Jambi, Sabtu.
    “Kerusakan utama kawasan gambut itu disebabkan oleh sistem kanal yang dibangun di dalam kawasan gambut sehingga memasuki kemarau tahun 2016 ini kemungkinan lahan gambut akan kembali terbakar masih sangat mungkin terjadi,” katanya.
    Sistem kanal-kanal yang dibangun perusahaan di sekitar hutan alam gambut disebutnya sangat berpengaruh karena juga masuk ke arah kawasan hutan alam gambut sebagai sambungan dari yang dibangun perusahaan itu.
    “Jika tidak ada perlakuan khusus pada kawasan hutan alam gambut yang tersisa itu, masih sangat mungkin kawasan hutan alam ini akan dilanda kebakaran saat musim kemarau dan Jambi akan kembali sebagai penghasil asap,” katanya menjelaskan.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com