• Gorontalo Utara Akan Tingkatkan Insentif Dokter

    0

    Gorontalo, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, berencana menaikkan insentif dokter yang mengabdi di daerah ini.
    “Jumlah dokter di daerah ini sangat sedikit, hanya 19 dokter tersebar di 15 puskesmas sehingga salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tenaga dokter adalah menaikkan insentif mereka,” ujar Wakil Bupati Roni Imran, Rabu di Gorontalo.
    Jika di daerah lain, insentif dokter mencapai Rp30 juta-Rp50 juta per bulan khusus dokter spesialis, maka kita harus mampu memenuhi sama termasuk untuk memenuhi kebutuhan dokter umum.
    Saat ini, insentif tenaga dokter pegawai tidak tetap (PTT)di daerah ini, untuk daerah terpencil hanya Rp7 juta dan sangat terpencil Rp9 juta.

    Olehnya, pemerintah daerah merancang menaikkan insentif tersebut minimal sama dengan kabupaten lainnya di Provinsi Gorontalo, dengan harapan jumlah dokter di daerah ini terpenuhi.
    Roni sendiri belum mau menyebut rencana besaran insentif untuk tenaga dokter di daerah, namun pemerintah daerah berupaya meningkatkan kesejahteraan dokter termasuk menyiapkan fasilitas seperti rumah dinas dan kendaraan operasional khususnya yang mengabdi di wilayah  terpencil, sangat terpencil dan kepulauan.
    “Sektor kesehatan bukan merupakan program unggulan pemerintah daerah, namun menjadi urusan wajib dalam rangka memenuhi hak-hak masyarakat mendapatkan layanan kesehatan gratis dan berkualitas. Sehingga peningkatan infrastruktur dan tenaga medis baik dokter, perawat dan bidan, wajib diprioritaskan,” ujarnya.
    Data Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara menyebut, jumlah dokter umum di daerah ini tersebar di 15 puskesmas di 11 kecamatan, sebanyak 19 orang. Ditambah 7 orang dokter umum di RSUD dr Zainal Umar Siddiqi.
    Idealnya, kabupaten ini memiliki 36 orang dokter, agar kebutuhan dokter di setiap puskesmas minimal terpenuhi 2 orang untuk rawat jalan dan rawat inap.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com