• Disnaker Dumai Imbau Pengusaha Segera Bayar THR

    0

         Dumai, Riau, jurnalsumatra.com – Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Dumai Amiruddin mengimbau pengusaha agar segera membayarkan tunjangan hari raya keagamaan kepada karyawan paling lama sepekan jelang Idul Fitri 1437 Hijriah Juli mendatang.
    Untuk pelaksanaan THR ini, Disnaker sudah menginformasikan Permenaker RI nomor 6 tahun 2016 ke seluruh perusahaan dan membentuk posko pengaduan THR untuk pemantauan dan pengawasan.
    “Pengusaha agar membayarkan tunjangan hari raya kepada pekerja dan diharapkan lebih cepat supaya bisa digunakan untuk persiapan menyambut lebaran mendatang,” kata Amiruddin kepada pers, Senin.
    Pelaksanaan THR kali ini dengan mengacu Permenaker RI nomor 6 mengatur bahwa pekerja yang baru bekerja sebulan sudah berhak menerima dan diberikan secara seimbang sesuai masa kerja.
    Sedangkan untuk karyawan dengan masa kerja sudah selama setahun berhak menerima THR dari perusahaan sebesar setara dengan upah satu bulan gaji.

         “Kita berharap pelaksanaan THR di semua perusahaan dapat berjalan baik dan kondusif tanpa ada persoalan, dan Disnaker akan melakukan pengawasan,” sebutnya.
    Pengawasan pelaksanaan THR dilakukan pihaknya dengan membuka posko pengaduan di Kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Dumai di Jalan Kesehatan Kecamatan Dumai Timur untuk menampung aspirasi.
    Bagi pengusaha atau perusahaan yang melalaikan kewajiban bayar THR ini sesuai Pasal  10 Permenaker RI nomor 6 tahun 2016 maka bakal didenda sebesar 5 persen dari total THR yang dibayarkan.
    Selain disanksi denda, perusahaan atau pengusaha yang tidak mengeluarkan THR pekerja juga masih diwajibkan untuk membayar penghasilan tambahan terkait momen hari besar keagamaan tersebut.
    “Pemerintah juga akan menjatuhkan sanksi administratif kepada perusahaan yang melalaikan bayarkan THR tersebut,” tegas Amiruddin.
    Sementara, Wali Kota Dumai Zulkifli AS turut mengingatkan para pengusaha agar membayar THR kepada pekerja paling lambat tujuh hari sebelum Idul Fitri 1437 Hijriah sebagai kewajiban yang mesti dibayarkan.
    “Bayarkan segera THR bagi para pekerja, minimal sepekan jelang lebaran,” kata Walkot Zul AS.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com