• KPU: Pilkada Kota Kupang Muali 23 Mei

    0

         Kupang, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang menyatakan segera menabuh gong pilkada serentak di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur itu sebagai awal dimulainya pesta demokrasi rakyat lima tahunan itu.
    “Jika tidak ada aral merintang kami mulai tabuh gong pilkada pada 23 Mei nanti,” kata Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum Kota Kupang Lodowyk Frederik kepada Antara di Kupang, Jumat.
    Menurut dia, pelaksanaan tabuh gong pilkada itu akan dimulai dengan pleno penetapan syarat dukungan bagi calon perseorangan yang akan bertarung dalam ajang politik mencari pimpinan di Kota Kupang untuk periode 2017-2022 itu.

         Dalam pleno itu akan diputuskan sesuai dasar dan rujukan peraturan perundangan, terkait syarat dukungan bagi bakal calon perseorangan.
    Menurut dia, untuk konteks itu, KPU akan memetakan syarat dukungan berdasarkan potensi jumlah penduduk yang disyaratkan undang-undang, dikalikan dengan prosentase daftar pemilih tetap (DPT) pemilu terakhir, yang sudah ditetapkan melalui Keputusan MK.
    Dalam penjelasan keputusan tersebut, dinyatakan, ada kategorisasi prosesntasi syarat dukungan berdasarkan rata-rata jumlah penduduk suatu wilayah.
    Dia mengatakan, untuk daerah berjumlah penduduk di atas satu juta, akan dikenakan syarat 6,5 persen dari DPT pemilu terakhir.

         Selanjutnya untuk daerah dengan komposisi penduduk antara 500 ribu sampai satu juta penduduk, harus penuhi syarat 7,5 persen dukungan.
    Sementara untuk daerah dengan komposisi penduduk 250 ribu sampai 500 ribu akan mendapatkan syarat dukungan perseorangan sebanyak 8,5 persen dari DPT pemilu terakhir dan untuk daerah berpenduduk di bawah jumlah 250 ribu memiliki syarat 10 persen dukungan.
    Jumlah itu kata dia, harus dipenuhi oleh setiap paket bakal calon yang akan maju dari jalur independen atau perseorangan.
    Dalam konteks Kota Kupang, KPU kata dia, memang masih menanti data jumlah penduduk dari KPU RI di Jakarta yang diperoleh dari Kementerian Dalam Negeri. Namun demikian, sudah dapat dipastikan jumlah penduduk Kota Kupang  berada di kategori 500 ribu sampai satu juta penduduk.

         Itu artinya, setiap paket calon independen harus penuhi syarat dukungan minimal 7,5 persen dari total DPT pemilu terakhir yang dalam hal ini adalah Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 lalu.
    Untuk menghitungnya, KPU telah memiliki jumlah DPT Pilpres 2014 yaitu 263.799 pemilih. Dari jumlah itulah, lalu setiap paket calon perseorangan harus mencari minimal 7,5 dukungan untuk memenuhi syarat bisa bertarung di pilkada nanti.
    “Jadi jumlah DPT Pilpres sebanyak 263.799 dikali 7,5 persen, hasilnya 19.779 atau digenapi 19.800 dukungan. Jumlah itulah yang harus dikejar bakal calon perseorangan untuk syarat dukungannya,” kata Lodowyk.
    Dia mengaku sampai saat ini belum ada bakal calon perseorangan yang menyatakan siap maju secara resmi kepada KPU, meskipun telah ada empat bakal calon yang melakukan konsultasi ke KPU. “Empat orang sudah datang konsultasi tetapi sampai saat ini tidak datang lagi,” katanya.

         Meskipun demikian, KPU tetap akan menetapkan syarat dukungan itu dalam Pleno Penetapan KPU Kota Kupang sebagai bagian dari agenda dan tahapan pelaksanaan pilkada serentak 2017 di daerah itu.
    Bakal Calon Wakil Wali Kota Kupang dari jalur perseorangan Viktor Manbait terpisah, mengaku optimistis bisa mencapai target syarat dukungan sebagaimana yang sudah ditetapkan berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku itu.
    Menurut aktivis sebuah yayasan itu, relawan yang disebar setiap harinya bisa mendapatkan dukungan 200 sampai 300 KTP. Itu artinya capaian untuk mengenapi syarat minimal dukungan itu bisa terlampaui.
    “Kami bahkan dalam tim sudah sepakati mengumpulkan 30 ribu dukungan KTP masyarakat untuk kepentingan pemenangan di perhelatan ini,” katanya.
    Dia mengatakan, selain relawan, paket bakal calon juga langsung bertemu masyarakat sekaligus mensosialisasi diri dan program kerja.
    “Kami diuntungkan karena bisa langsung ketemu warga dan sosialisi diri dan program,” katanya.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com