• KEDUBES AS Operasikan Alat Pemantau Kualitas Udara

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta mengoperasikan dua alat pemantau kualitas udara “Particulate Matter” 2.5 yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai kondisi udara di Jakarta.
    “Kami memiliki alat pemantau kualitas udara di 24 Kedutaan Besar AS yang ada di seluruh dunia. Saat ini, alat seperti ini juga dapat ditemukan pada kedubes kami di Vietnam, Peru, dan Mongolia,” kata Duta Besar AS Robert O. Blake di U.S Housing Complex, Jakarta, Selasa.
    Ia menyampaikan dua alat pemantau Particulate Matter (PM) 2.5 tersebut, masing-masing diletakkan di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan, serta terhubung dengan jaringan pengawas udara di Indonesia maupun global.
    “Jadi, alat ini menggunakan pengawas polutan udara yang diameternya lebih kecil dari 2.5 mikrometer, yang mana partikel jenis itu menurut laporan WHO dapat berdampak paling besar pada kesehatan daripada jenis partikel lainnya,” kata Blake.
    Ia menjelaskan partikel halus yang kerap dikaitkan sebagai penyebab sejumlah keluhan kesehatan itu memiliki ukuran yang sangat kecil, sehingga dapat menembus ke dalam paru-paru dan bahkan dapat masuk ke dalam aliran darah secara langsung.
    Pengaruh buruk ini cenderung akan lebih berat bagi kelompok populasi yang sensitif, termasuk anak-anak maupun orangtua dengan gangguan jantung atau paru-paru, jelasnya.
    Oleh karena

    itu, Blake mengemukakan pengoperasian alat pemantau kualitas udara ini dilakukan sebagai usaha global AS untuk menangani perubahan iklim dan juga memerangi polusi udara.
    “Jika anda berkunjung ke laman Kedubes AS di Jakarta, anda akan menemukan tautan U.S ‘Environmental Protection Agency’, yang dapat menunjukkan level kualitas udara di seluruh dunia,” kata Blake menambahkan.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com