• iklan 3


  • Dislutkan SULTENG Bangun Pondok Pesisir Bagi Nelayan

    0

    Palu, jurnalsumatra.com – Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Tengah pada 2016 akan membangun ‘pondok pesisir’ sebagai pusat informasi bagi nelayan.
    Kepala Bidang Kelautan Dinas KP Sulteng Yumber Bamba di Palu, Selasa mengatakan bahwa program tersebut merupakan pertama kali  dibuat di daerah ini.
    “Namun ini bukan program baru, sama saja dengan ‘rumah informasi’ di Kementerian PU dan Perumahan Rakyat,” katanya.
    Menurut dia, pondok pesisir akan dipergunakan sebagai tempat berkumpulnya nelayan tangkap atau pun pembudidaya. Mereka dapat menggelar pertemuan atau menggali informasi dan membuat inovasi terbaru yang nantinya akan disiapkan oleh instansi atau institusi khususnya perikanan dan kelautan.
    “Jadi bangunannya nantinya kami sesuaikan dengan situasi di daerah setempat. Tahun ini kami masih mencoba satu unit di Desa Malei, Kecamatan Balaesang Tanjung, Kabupaten Donggala, dengan anggaran sebesar Rp300 juta,” ujarnya.
    Menurut Yumber, daerah tersebut telah dijadikan sebagai daerah pengembangan kawasan perikanan dan kelautan terpadu.
    Ia berharap seluruh potensi yang ada dapat disinergikan di daerah tersebut. Jadi, semua program yang masuk di kawasan tersebut akan dikeroyok bersama-sama, karena itu merupakan pola pengembangan yang menggunakan pendekatan kawasan.
    Ke depan, kata dia, akan ada daerah-daerah yang baru akan dibangun, karena pembangunan yang akan dilakukan oleh Dinas KP yakni berbasis kawasan dan berbasis pelabuhan. Sehingga Donggala merupakan daerah terdekat yang dibangun, selain dekat dari ibu kota provinsi untuk dilakukan pemantauan dan evaluasi.
    “Tahun ini harus sukses, pak Kadis tidak ingin melakukan program kalau tidak sukses,” tutup Yumber.
    Sementara itu berdasarkan rencana pembangunan jangka menengah daerah Sulteng tahun 2011-2016, untuk tahun 2016, Dinas KP Sulteng akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha perikanan.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com