• iklan 3


  • SUMBAR Bangun 28 Embung Selama Lima Tahun

    0

    Padang, jurnalsumatra.com – Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) telah membangun 28 embung penampungan air) selama 2010-2015.
    “Embung ini dibangun untuk menjaga ketahanan pangan dan ketahanan air di Sumbar,” kata Kepala Bidang Irigasi dan Rawa Dinas PSDA Sumbar Andy Ikhvan di Padang, Kamis.
    Ia mengatakan Sumbar memiliki curah hujan baik serta sumber air yang banyak namun adanya perubahan iklim dan bertambahnya pembangunan membuat sumber air semakin berkurang.
    Ia mengatakan berbeda dengan di daerah Jawa di mana embung harus dibangun, di Sumbar hanya perlu mengelola kantong air yang telah ada di bukit-bukit.
    “Kantong air yang ada di perbukitan kita manfaatkan sebagai konservasi sumber daya air, minimal air tanah tidak hilang,” jelasnya.
    Ia mengatakan dengan adanya proses pembangunan sebagai dampak pertumbuhan ekonomi, perlu dilakukan konservasi pada daerah kritis agar sumber daya air tidak mati.
    Dinas PSDA pada 2016 akan membangun embung dengan jumlah yang hampir sama selama kurun waktu lima tahun itu, bahkan akan lebih banyak lagi.
    Sementara itu, akademisi Universitas Andalas (Unand) Padang Prof Helmi mengatakan embung dan bendungan difungsikan sebagai penampungan air yang menjadi penting untuk pendekatan pembangunan berbasis aliran sungai.
    “Pendekatan pembangunan berbasis aliran sungai dari hulu ke hilir dengan memberi penampungan air di setiap level ketinggian, agar bisa mencadangkan air,” katanya.
    Ia mengatakan dengan teknologi konstruksi, pasir dan batu yang menghambat penampungan air dapat teratasi.
    Teknologi konstruksi adalah teknologi yang dapat memisahkan pasir dan batu yang menghambat penampungan air di setiap level ketinggian.
    Menurutnya, dengan teknik itu tampungan air akan lebih banyak sehingga efektivitas embung dapat maksimal ketika musim kering terjadi.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com