• Puluhan KK Warga Biluhu Kekurangan Air Besih

    0

    Gorontalo, jurnalsumatra.com – Sekitar 75 kepala keluarga (KK) warga Desa Biluhu Timur Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo, saat ini kekurangan air bersih terutama untuk keperluan masak, mandi dan cuci.
    Dagri Musa salah seorang warga ketika ditemui, Sabtu, mengatakan sudah sekitar 3 bulan terakhir sangat kesulitan untuk memperoleh air bersih, terutama untuk masak dan mandi serta keperluan lainnya.
    Menurut dia, sebagian sumur milik warga di desa tersebut, sejak beberapa bulan terakhir ini sudah kering, akibat kemarau yang melanda wilayah tersebut.

    ” Memang masih ada sumur warga yang belum kering, namun airnya sangat keruh dan tidak bisa dikonsumsi lagi,” Kata Dagri.
    Untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih, terpaksa warga membeli dengan menggunakan jerigen  serta ada yang dijual dengan harga Rp10 ribu per galon.
    Pulu seorang warga Biluhu lainnya mengatakan, selain mengandalkan sumur warga juga menggunakan sumber air  yang berasal dari gunung, namun sejak tiga bulan terakhir ini tidak dapat diandalkan lagi, karena sudah kering akibat kemarau.

    ż Warga biasanya menggunakan air yang dialirkan melalui pipa ke rumah-rumah, namun saat ini tidak berfungsi lagi karena sudah kering,ż Kata Pulu.
    Dia menjelaskan, untuk keperluan cuci dan mandi, kebanyakan warga menggunakan air laut, karena sebagian besa tinggar dipesisir pantai, namun bagi yang tinggal diwilayah kaki gunung, terpaksa hemat dan efisien dalam menggunakan air bersih.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com