• BPBD: Gerakan Tanah Di Clapar Masih Terjadi

    0

         Banjarnegara, jurnalsumatra.com – Gerakan tanah di Desa Clapar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, hingga Sabtu siang masih terjadi, kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Catur Subandrio.
    “Kecepatan gerakan tanahnya sekitar 1,5 meter per jam,” katanya didampingi Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Banjarnegara Andri Sulistyo di Desa Clapar, Kecamatan Madukara, Banjarnegara.
    Oleh karena itu, dia mengimbau warga untuk tetap tenang di tempat-tempat pengungsian yang telah disiapkan oleh BPBD Banjarnegara.

         Dia mengatakan dua tempat pengungsian utama yang telah disiapkan BPBD Banjarnegara dan 22 lokasi pengungsian lainnya yang merupakan rumah-rumah warga.
    “Hingga saat ini tercatat sebanyak 281 jiwa yang mengungsi,” katanya.
    Andri mengatakan sedikitnya 300 relawan dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, Banser, PMI, dan organisasi lainnya terlibat dalam operasi kemanusiaan di Desa Clapar.
    Dia menjelaskan relawan-relawan itu melakukan berbagai kegiatan, di antaranya membongkar rumah yang rusak, membuat jalan dan jembatan darurat melalui kebun salak yang tidak jauh dari lokasi jembatan ambles.
    “Kita upayakan untuk segera untuk membuat jalan darurat agar akses warga yang terisolasi bisa dibuka, selain itu keperluan sehari-hari, jalan darurat ini untuk evakuasi,” katanya.

         Dia mengatakan lebar jembatan darurat itu sekitar 1,5 meter dan panjang lima meter.
    Bencana longsor dan tanah bergerak di Desa Clapar RT01, RT02, dan RT03 di wilayah RW01, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara, terjadi pada Jumat (25/3) akibat hujan lebat yang berlangsung sejak Kamis (24/3) sore.
    Berdasarkan data BPBD Banjarnegara, 12 rumah rusak berat dan tiga rumah rusak sedang akibat bencana tersebut.
    Selain itu, jumlah pengungsi pada Jumat (24/3) malam tercatat 281 jiwa. Mereka mengungsi di rumah-rumah warga RT04, RT05, dan RT06 di wilayah RW 01, serta Sekolah Dasar Negeri 2 Clapar.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com