• 124 Sekolah Di Sampang Belum Terakreditasi

    0

    Sampang, jurnalsumatra.com – Sebanyak 124 sekolah di Kabupaten Sampang, Jawa Timur, hingga kini belum terakreditasi, karena belum memenuhi ketentuan perundang-undangan tentang akreditasi pendidikan.
    Kabid Kurikulum Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang Arif Budiansor di Sampang, Senin, mengatakan ke-124 sekolah yang belum terakreditasi itu terdiri dari 20 sekolah dasar (SD) dan 104 sekolah menengah pertama (SMP).
    “Sesuai dengan ketentuan, sekolah bisa terakreditasi, apabila sudah pernah meluluskan siswa yang sekolah di lembaga itu,” katanya.
    Ia menjelaskan, ke-124 sekolah yang belum terakreditasi itu, umumnya merupakan sekolah baru, dan belum pernah meluluskan siswanya yang belajar di sekolah itu.
    Ketentuan lain terkait akreditasi sekolah sebagaimana diatur dalam Peraturan Mendiknas Nomor 29 Tahun 2005 tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) adalah kelengkapan sarana dan prasarana pendukung di lembaga pendidikan itu.
    Menurut dia, jumlah lembaga pendidikan SD/SMP yang ada di Kabupaten Sampang saat ini sebanyak 660 lembaga, dan sebanyak 124 diantaranya belum terakreditasi.
    Ia menjelaskan, khusus sekolah yang belum terakreditasi itu, maka tidak akan bisa menggelar ujian nasional (UN).
    “Agar siswanya tetap bisa ikut ujian, maka salah satu caranya harus bergabung dengan dengan sekolah yang sudah terakreditasi dan memenuhi syarat, dalam penyelenggaran ujian nasional,” katanya.
    Pihaknya juga telah menyampaikan ketentuan itu ke masing-masing kepala sekolah yang lembaga sekolahnya belum terakreditasi itu, sehingga mereka bisa menggelar ujian dengan cara bergabung ke sekolah lain yang telah terakreditasi.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com