• BPK Periksa LKP Pemprov Papua 2015

    0

         Jayapura, jurnalsumatra.com – BAdan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Papua tengah memeriksa laporan keuangan pemerintah (LKP) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua tahun anggaran 2015.
    “Pada laporan keuangan tahun 2015, sudah diterapkan  sistem akuntansi pemerintahan berbasis akrual. Sebelumnya masih menggunakan sistem akuntansi pemerintahan berbasis kas atau yang lebih dikenal dengan istilah Kasda,” ujar Kepala BPK Papua Kukuh Priyonggo di Jayapura, Selasa.
    Pemeriksaan kali ini, menurutnya juga digunakan BPK untuk mengetahui kesiapan Pemprov Papua dalam menjalankan sistem akutansi berbasis akrual.
    “Ini baru dilakssanakan secara keseluruhan di tahun 2015. Jadi laporan keuangan harus sudah berbasis akrual. Nah untuk itu kami ingin mengetahui sejauh mana implementasi, penerapan sistem akuntansi berbasis akrual ini oleh provinsi,” ucapnya.
    Kukuh pun menuturkan, BPK juga menyampaikan hal-hal yang terkait dengan masalah sistem akuntansi berbasis akrual, sebab selain memberikan pemahaman, tim BPK Perwakilan Papua juga sudah mulai mengidentifikasi apa masalah yang ada terkait dengan penerapannya.
    “Kami membantu teman-teman di Provinsi ini untuk mendorong mereka apa yang harus mereka lakukan. Perbaikan¿perbaikan apa, Karena laporan keuangan ini kan out putnya adalah memberikan opini,” ucapnya.
    Dikatakannya, BPK mengharapkan opini atas laporan keuangan Pemerintah Provinsi Papua tidak turun, dengan adanya pemberlakuan sistem akuntansi berbasis akrual.
    Saat ini jumlah tenaga pemeriksa yang dimiliki BPK RI Perwakilan Papua sebanyak hampir 100 orang yang nantinya akan dibagi dalam tim¿tim yang melakukan pemeriksaan di kabupaten/kota serta provinsi.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com