• Berdasarkan Undang Undang Pemprov Ambil Alih Kendali SMA/SMK

    0
    logo-tutwurihandayani-kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah

    Berdasarkan Undang Undang Pemprov Ambil Alih Kendali SMA/SMK

    PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Penerapan Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah pengganti UU Nomor 32 Tahun 2004 bahwa manajemen pengelolaan SMA dan SMK berada di tangan pemerintah provinsi, memasuki tahap proses.

    Pengambil alihan tata kelola SMA dan SMK dari pemerintah Kabupaten/Kota ke Pemerintah Sumsel dipastikan tak akan menimbulkan kendala. Hingga saat ini Disdik Sumsesl masih melakukan inventarisasi personil, prasarana, pendanaan, dan dokumen (P3D), yang selama ini dikelola oleh kabupaten/kota.

    Peralihan ini pun tidak akan mengganggu program sekolah gratis (PSG) “Dengan diambil alih oleh provinsi, kami pastikan kebijakan sekolah gratis yang dilakukan Pemprov tidak akan terganggu. Untuk itu pihaknya sudah mendata sementara kurang lebih ada 9 ribu guru dan 7.071 pegawai yang sudah terdata dan akan ditangani oleh provinsi. Diperkirakan jumlah finalnya sekitar 16 ribuan, itu sudah termasuk guru dan pegawai Lab, TU, dan semua perangkat SMA/SMK yang terhitung PNS,” kata, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Widodo, kepada jurnalsumatra.com .

    Ia menjelaskan, sebagai persiapan pengambilalihan tata kelola SMA dan SMK, untuk menjalani tes ulang kompetensi kepemimpinan mereka. Intinya, pihaknya dalam pengalihan ini tidak akan mempersulit guru yang ada di daerah dalam hal berkomunikasi termasuk promosi.

    Sebab di daerah akan ada pihak Disdik Sumsel yang ditugaskan untuk mengakomodir keperluan SMA/SMK ini. “Guru tidak usah resah terkait adanya UU ini. Apalagi untuk guru honor yang sedang dalam verifikasi PNS. Itu nanti akan diverifikasi juga oleh tim yang dibawahi BKD dan kita (Disdik-red),” tegasnya.

    Lebih lanjut Widodo mengatakan, saat ini sedang melakukan verifikasi ke lapang bersama Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) masalah aset yang dimiliki oleh masing-masing sekolah disamping para pegawai yang ada. “Hasil ini nantinya akan dijadikan lampiran berita acara serah terima Bupati, Walikota ke Gubernur yang direncanakan paling lambat 1 Oktober mendatang,” ujarnya.

    Masih kata Widodo, dalam pendataan kepegawaian akan didahulukan dan diprioritaskan para pegawai PNS dari pada honorer. Mengapa PNS didahulukan, karena gaji guru PNS melekat pada Dana Alokasi Umum (DAU). Setelah fiks akan ditujukan pada menteri keuangan dan per 1 Januari 2017 langsung ke Gubernur.

    Sedangkan untuk memetakan kebutuhan dan kelebihan guru SMA/SMK di smk Sumsel, tugasnya nanti Gubernur melalui BKD jika memang perlu.

    “Intinya pengalihan ini tidak membuat guru susah. Guru di Kabupaten/kota manapun yang mau berurusan bisa menghubungi kotanya. Disarankan kepada Disdikpora kabupaten/kota agar dapat menjelaskan kepada guru di wilayahnya mengenai hal ini,” paparnya.

    Ia menambahkan, dengan peralihan nantinya tidak ada yang berubah, kepala sekolah dan guru tetap. Hanya saja urusan teknis kembali pada pemerintah provinsi.

    ” Kita buat polanya lebih simple, upaya ini untuk mempermudah, pembinaan dan urusannya akan ada restrukturisasi organisasi terkait kebutuhan. Seperti penambahan bidang, UPTD atau kacapdin, agar guru dan kepsek urusannya tidak jauh,” pungkasnya

    Drs Widodo, MPd, Jumat (19/2), mengatakan, pihaknya menargetkan tanggal 30 Maret proses verifikasi sudah rampung.

    Widodo mengatakan, rampungnya proses verifikasi ditandai dengan data yang dimiliki Dinas Pendidikan Sumsel sama dengan yang ada di lapangan.

    Dikatakannya, rampungnya proses verifikasi menandakan juga Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel akan mengambil alih pengelolaan SMA dan SMK dari pemerintah kabupaten/kota.

    Dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 dinyatakan pemerintah kabupaten/kota hanya menangani sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.(yuyun)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com