• iklan 3


  • Warga Korban Angin Kencang Harapkan Bantuan Pemerintah

    0

         Padang, jurnalsumatra.com – Ratusan  kepala keluarga (KK) di beberapa kecamatan Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), yang menjadi korban dari angin kencang pada senin (25/1) lalu mengharapkan adanya bantuan pemerintah untuk perbaikan bangunannya.
    “Meski tidak ada kabar korban jiwa, puluhan rumah di Kuranji mengalami rusak berat  dan ratusan lainnya rusak ringan akibat angin kencang senin lalu, kami harap adanya bantuan pemda,” kata salah satu Kepala RT di Kuranji, Padang, Syofyan di Padang, Selasa.
    Dia menyebutkan kerusakan rumah yang atapnya lepas cukup merata di Kuranji, mulai Durian Tarung, Korong Gadang, Kuranji, Balai Baru, Belimbing, dan Taruko.
    Menurut pantauannya dari sekian banyak tersebut jumlah rumah rusak berat terbanyak ada di Belimbing dan Kuranji.
    Kemudian dari ratusan rumah tersebut terdapat beberapa keluarga berkategori miskin yang harus mengalami kerusakan, bahkan di antaranya harus ada yang kehilangan tempat tinggal, imbuhnya.
    “Inilah dasar utama kami meminta kepada pemerintah untuk segera memberikan bantuan kepada warga,” ucapnya.
    Saat ini kata dia, berdasarkan inisiatif warga masing-masing KK yang rumahnya rusak sudah mendokumentasikan sisi kerusakannya dengan harapan mendapat bantuan segera.
    Senada dengan itu Ketua RT di Kapalo Koto Kecamatan Pauh, Padang, Syafriadi juga berharap pemerintah meninjau kondisi warga sebab banyak diantaranya yang rumahnya mengalami kerusakan.
    Bahkan kata dia beberapa warung di sepanjang jalan utama menuju Universitas Andalas tersebut ludes akibat terpaan angin kencang.
    Menurutnya bila memang masih sulit memberikan bantuan, alangkah baiknya datang terlebih dahulu dan melakukan pendataan,rumah warga yang rusak tersebut, imbuhnya.
    Sementara lurah Banda Buek di Kecamatan Lubuk Kilangan Padang, Nurmis Yakub mengatakan pihaknya telah terjun ke lapangan untuk melihat kondisi warga pasca angin kencang tersebut.
    Saat ini kata dia terdapat beberapa rumah warga yang mengalami kerusakan namun belum termasuk kategori parah.
    Di sisi lain, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar melalui salah satu pejabatnya, Pagar Negara mengatakan bahwa pihaknya hingga saat ini mulai mendata beberapa titik kerusakan akibat angin kencang tersebut.
    Menurutnya pendataan ini tidak hanya Padang saja, namun meliputi daerah lain di Sumbar yakni Pariaman, Padang Pariaman dan Agam, sehingga membutuhkan proses bertahap.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com