• iklan 3


  • Peringkat Lanud Palembang Naik menjadi tipe B

    0
    Peringkat Lanud Palembang Naik menjadi tipe B

    Peringkat Lanud Palembang Naik menjadi tipe B

    PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Panglima Komando Operasi TNI AU 1 Marskal I TNI AU Yuyu Sutisna, resmi melantik Kolonel PNB Ronald Lucas Siregar sebagai Komandan Landasan Udara (Lanud) TNI AU Palembang,  yang sebelumnya dijabat Letkol PNB MRY Fahlefie, Senin (11/1).

    Serah terima jabatan tersebut berlangsung di Lapangan Lanud Palembang yang dihadiri Pangdam II Sriwijaya, Wakapolda Sumsel,  dan Sekda Sumsel.

    “Saya perintahkan kepada Danlanud yang baru lebih konsentrasi operasi udara dan mendukung angkatan darat dan laut,” ujar Yuyu pada jurnalsumatra.com. Gelar upacara peningkatan status Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Palembang dari tipe C menjadi tipe B secara resmiberlangsung di halaman Mako Lanud Palembang, kemarin.

    Lanud Palembang yang kini dipimpin seorang Kolonel Penerbang, meski belum memiliki Skuadron khusus kini menjadi pangkalan operasi. Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) I Masekal Pertama TNI Yuyu Sutisna menegaskan, kenaikan menjadi type B sudah sangat memenuhi.

    “Sumsel memiliki perkembangan dan kemajuan pesat. Disamping itu, potensi kekayaan alam yang dimiliki cukup besar, beserta perkembangan lainnya. Pimpinan TNI AU menganggap peningkatan status sangat perlu,”ujarnya di Mako Lanud Palembang, kemarin.

    Dia mengatakan, Lanud Palembang selama ini sering melaksanakan operasi, dan pesawat tempur dan pesawat angkut juga sering didatangkan sehingga memang memerlukan tanggung jawab yang lebih besar.

    Makanya lanjut Yuyu, Lanud Palembang dipimpin seorang kolonel. Nantinya, secara bertahap berbagai penyesuaian dan penambahan akan dilakukan secara bertahap baik dari sisi jumlah personil dan fasilitas. “Lanud Palembang merupakan Lanud Operasi sehingga harus benar-benar siap melakukan operasi udara nantinya,”kata dia.

    Dia mengaku tak ingin kecolongan dari ancaman apa pun, makanya sistem yang ada harus jemput bola.
    “Kita tak ingin sampai terjadi suatu hal baru kita siap-siap bergerak, namun sebaliknya kita siap-siap dan berbuat dulu mengantisipasi terjadinya sesuatu,”tambah dia.

    Lebih lanjut Yuyu menjelaskan, dalam waktu lima tahun kedepan belum akan dibangun skadron udara khusus. Namun saat ini bertahap ditingkatkan fasilitas, pergudangan, dan personil.

    Ditambahkan Yuyu, terkait daftar susunan personil akan ditambah. Hal tersebut secara bertahap dilakukan. Dari sekitar 180 personil menjadi sekitar 300 orang personil.

    Danlanud Palembang Kolonel PNB Ronald Lucas Siregar mengatakan, peningkatan status menjadi type B dilakukan TNI AU mengingat dari persiapan pertahanan u udara memang sudah harus dilakukan.

    Dikatakan Ronald, pangkalan udara Palembang saat ini sebagai Pangkalan Operasi. Apalagi sebelumnya sudah dilaksanakan berbagai kegiatan penerbangan dan operasi.

    “Dengan peningkatan kapasistas dan kualitas Lanud Palembang saat ini, saya akan mengikuti kebijakan pimpinan, yang jelas penempatan berangkat Kolonel disini maka tanggungjawabnya tentu lebih besar lagi. Selain itu, juga mudahkan koordinasi dengan unsur aparat militer lainnya,”kata dia.
    Dia mengaku akan ada penambahan fasilitas, personil dan sarana nantinya. Dia mengatakan tidak ada target khusus, tapi apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab akan dilaksanakannya sesebaik mungkin.
    Ronald menambahkan, Visi kedepan dirinya berupaya menjadikan Lanud Palembang menjadi lebih baik dan idealisnya menjadikan Lanud percontohan. “Setidaknya kita laksanakan yang terbaik yang kita bisa, dan berbekal misi kedepan saya berusaha mengajak anggota Lanud Palembang dapat mengikuti aturan dan disiplin,”imbuhnya.(yuyun)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com