• iklan 3


  • Listrik Terangi Masyarakat Pesisir   

    0

    hl adv js copyKAYUAGUNG, jurnalsumatra.com  Bupati Iskandar SE mengatakan, kebutuhan dasar masyarakat di pesisir, pelosok, dan daerah terpencil menjadi perhatian pemerintah pusat dan Pemkab OKI saat ini. “Kami bangun dulu kebu­tuhan dasar masyarakat, terutama yang berada di pesisir seperti ini agar mereka bisa merasakan kehadiran pe­merintah,” ungkap Iskandar saat Rapat Paripurna dalam rangka hari jadi Ka­bupaten OKI yang ke-70 di DRPD OKI, Minggu, (11/10) lalu.

    4 Infografik listrikBupati mengatakan, bantuan PLTS komunal ini adalah bukti keseriusan pemerintah daerah dalam memba-ngun wilayah perairan OKI yang selama ini masih tertinggal. Secara bertahap, Pemkab OKI akan membangun wilayah perairan ini, mulai dari infrastruktur seperti jalan dan jembatan hingga ja-ringan listrik. Pemkab OKI juga menar­getkan semua wilayah perairan menda­pat layanan jaringan listrik. Orang nomor satu di Bumi Bende Seguguk itu berharap, dengan adanya jaringan listrik masuk ke desa, produktivitas masyarakat akan meningkat.4 Infografik listrik copy

     Sementara itu, Kepala Dinas Pertam­bangan dan Energi Kabupaten OKI, Ir Man Winardi MTP mengatakan, jari-ngan listrik tenaga surya komunal di SP 3 Persiapan Jaya Makmur berkapasitas 25 kWp melalui Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Jaringan lis­trik ini mampu menerangi 256 rumah warga desa ini selama 24 jam. Masing-masing rumah mendapat kuota 220 watt. Warga hanya dikenakan biaya pemeliharaan Rp15 ribu per bulan. Program serupa juga sudah dibangun di Desa Sungai Sibur Kecamatan Su-ngai Menang dengan kapasitas 10 kWp melaluti Kementerian PDT.

     Ditambahkannya, pembangunan jaringan listrik untuk wilayah perair-an terus dilakukan secara bertahap. Pihaknya menargetkan wilayah desa perairan tidak lagi ada yang belum mendapat pelayanan listrik. Hal itu tidak bisa lakukan sekaligus, tetapi secara bertahap, baik melalui aliran PLN maupun jaringan PLTS.

     Dalam mewujudkan ja-ringan listrik pedesaan tersebut, Man menga­takan, pada tahun ini penambahan jaringan listrik diprioritaskan di beberapa desa se­suai rencana pem­bangunan yang telah ditetapkan. Adapun desa tersebut di antaranya Desa Su-ngai Sodong, Desa Pa­gar Dewa Kecamatan Mesuji, dengan target aliran listrik sepanjang 10 km. Lalu, di Desa Marga Tani, desa Tirta Mulya, desa Suka Mulya, desa Jadi Mulya kecamatan di wilayah Pantai Timur, OKI.

     “Kami berharap dengan adanya tam­bahan pasokan jaringan listrik yang telah direncanakan ini dapat mening-katkan produktivitas masyarakat dalam sektor pertanian, tambang dan industri,” pungkasnya. (adv/rico)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com