• Gubernur Babel Dukung Uji Kompetensi Wartawan

    0

    Pangkalpinang, jurnalsumatra.com – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi mendukung uji kompetensi wartawan guna meningkatkan profesionalisme jurnalis dalam mengawal pembangunan dan melindungi kepentingan publik.
    “Kita mendukung uji kompetensi wartawan ini agar penyajian berita-berita pembangunan daerah kepada masyarakat menjadi lebih baik,” kata Rustam Effendi usai membuka sosialisasi kompetensi wartawan di Pangkalpinang, Selasa.
    Ia mengatakan, wartawan sebagai penyambung aspirasi masyarakat harus bersatu dengan pemerintah untuk menyampaikan pesan-pesan sehat, mendidik, mencerahkan dan dinamis, karena profesi ini berhubungan langsung dengan kepentingan masyarakat.
    “Profesi wartawan merupakan profesi terhomat karena mengawal kebenaran dan keadilan, serta melakukan perlindungan terhadap hak-hak pribadi masyarakat,” ujarnya.
    Menurut dia wartawan merupakan salah satu faktor penting dan utama dalam percepatan pembangunan daerah, karena pers memegang peranan penting dalam menyampaikan berbagai informasi kepada masyarakat dan pemerintah tentang isu di suatu daerah.
    “Keberadaan wartawan ini merupakan bagian yang sangat penting dan strategis dalam proses pembangunan, karena tanpa tersedia media massa tentu akan menyulitkan pemerintah daerah dalam menyosialisasikan berbagai program-program pembangunan,” ujarnya.
    Ia berharap pers dapat memberikan informasi dan menentukan pembentukan opini publik, sehingga akan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah daerah ini.
    “Kita berkomitmen dan mendukung upaya peningkatan kompetensi wartawan yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Dewan Pers, karena hal ini merupakan langkah positif agar kiprah pers dapat berjalan sesuai dengan peran dan fungsinya,” ujarnya.
    Untuk itu, kata dia, seorang wartawan wajib memiliki sertifikat guna menghadapi perkembangan zaman dan tuntutan masyarakat terhadap kualitas jurnalis dan industri media massa.
    “Dengan adanya sosialisasi uji kompentensi ini diharapkan para wartawan dalam melaksanakan tugasnya dapat menunjukkan kinerjanya secara profesional,” harapnya.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com