• Distannakbunhut Kota Bandarlampung Cetuskan Progam Pekarangan Sehat

    0

         Bandarlampung, jurnalsumatra.com – Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan  Kota Bandarlampung mencetuskan program pekarangan sehat, sebagai upaya menambah ruang terbuka hijau yang saat ini hanya tersisa 11 persen.
    “Program ini baru pertama kali di Provinsi Lampung, belum ada di kabupaten lain dan akan mulai berjalan pada Maret,” kata  Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan,  Pertenakan dan Kehutanan Kota Bandarlampung, Agustini di Bandarlampung, Sabtu.
    Dia mengatakan, lahan pertanian di wilayah tersebut semakin tergerus sehingga ruang terbuka hijau pun tidak mencapai 11 persen, pembukaan pemukiman dan pembangunan tidak dibarengi dengan lahan hijau untuk mencegah kerusakan alam.
    Oleh sebab itu, pihaknya membuat program pekarangan  sehat akan menambah ruang terbukan hijau. Di antaranya program penanaman melalui sistem hidroponik, akan bekerjasama dengan PKK Kota Bandarlampung dan Universitas Lampung (Unila) untuk pemberian bantuan dan melakukan pelatihan  bercocok tanam kepada warga.
    “Dalam penanaman hidpronik ini bisa dilakukan dalam semua jenis tanaman apa saja baik sayuran, bahkan tanaman obat-obatan,” kata dia.
    Untuk saat ini, pihaknya baru melakukan pembinaan terhadap lima kelurahan agar dapat dijadikan sebagai percontohan.
    “Kami saat ini mendata kelurahan mana saja yang bisa jadi percontohan, salah satunya Kelurahan Kota Sepang, Labuhan Ratu,” kata dia.
    Dengan program ini, diharapkan masyarakat bisa menghidupkan program ekonomi kerakyatan, dan penghijauan lingkungan.
    “Masyarakat bisa menjual tanaman yang telah ditanam di pekarangan rumah, sehingga menjadi bermanfaat,” katanya,.
    Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Bandarlampung, Grefeldi Mamesah mengatakan langkah dari dinas  dengan melakukan terobosan tersebut sangat baik.
    “Dengan keadaan Kota Bandarlampung yang minim lahan pertanian, hal ini merupakan langkah yang bagus, untuk menerapkan program itu,” kata dia.
    Ia mengatakan,  dengan adanya program ini, warga dapat memanfaatkannya dengan baik, seperti memajukan perekonomian warga sekitar.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com