• iklan 3


  • Danlantamal: 100 Prajurit Dikerahkan Jaga Lanal Tanjung Balai

    0

         Medan, jurnalsumatra.com – Pangkalan Utama Angkatan Laut I Belawan mengerahkan 100 prajurit TNI-AL untuk menjaga Pangkalan Angkatan Laut Tanjung Balai-Asahan guna mengantisipasi penyerangan yang dilakukan sekelompok preman.
    “Kita tetap  mewaspadai, mana kala ada aksi tindakan balasan yang dilakukan kelompok preman tersebut,” kata Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) I Belawan Laksamana Pertama TNI Yudo Margono di Belawan, Jumat.
    Sebelumnya, menurut dia, di perairan Tanjung Balai, Jumat (22/1) sekitar pukul 06.30 WIB, kapal patroli TNI-AL Kalboa mengamankan kapal kayu mengangkut pakaian bekas ilegal dari Malaysia karena tidak memiliki izin impor dari pemerintah.
    Namun, upaya yang dilakukan prajurit TNI -AL tersebut mendapat perlawanan dari kelompok preman yang menyerang kapal Kalboa dengan menggunakan bom molotop serta senjata tajam.
    “Ada empat unit kapal motor berisi 60 preman melakukan perlawanan terhadap petugas TNI-AL yang mengamankan kapal yang berisi pakaian bekas tersebut,” ujar Laksamana Yudo.
    Ia menyebutkan, Lantamal I  Belawan juga mengerahkan tiga unit KRI di perairan Tanjung Balai untuk melakukan patroli di wilayah tersebut.
    Bahkan, prajurit TNI-AL tidak takut dengan aksi yang dilakukan preman yang mencoba menghalangi dalam menjalankan tugas yang dipercayakan negara.
    “Kita melaksanakan tugas pengamanan di laut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku,” kata Danlantamal.
    Sebelumnya, dalam penyerangan dilakukan kelompok preman terhadap personel TNI-AL di perairan Tanjung Balai pada Jumat (22/1), petugas memberikan tembakan peringatan ke udara. Namun tidak diindahkan kelompok preman tersebut.
    Selain itu, kapal Kalboa terpaksa menjaga jarak hingga sampai merapat ke alur darat karena kekuatan anggota TNI-AL hanya berjumlah empat orang sehingga tidak sebanding dengan kelompok penyerang yang mencapai puluhan orang.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com