• iklan 3


  • Beranda – BKKBN Papua Canangkan Program Kampung Keluarga Berkualitas

    0

    Jayapura, jurnalsumatra.com- Kantor Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Papua mencanangkan program nasional keluarga berkualitas.
    Pencanangan program nasional keluarga berkualitas itu berlangsung di Aula Kantor Perwakilan BBKN Provinsi Papua, di Kotaraja, Abepura, Kota Jayapura, Kamis.
    Pelaksana tugas Kepala Kantor Perwakilan BBKBN Papua, M Yarollo ketika ditemui di Jayapura, Kamis, usai pencanangan mengemukakan, program tersebut berorientasi semangat revolusi mental, mari kita tingkatkan kualitas keluarga di Provinsi Papua.
    Tujuannya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.
    Tujuan lainnya yakni untuk meningkatkan peran pemerintah daerah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, pendampingan dan pembinaan masyarakat untuk menyelenggarakan program kependudukan, keluarga berencana, pembangunan keluarga dan pembangunan sektor terkait.
    Melalui program tersebut, menurut dia, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan, meningkatkan jumlah peserta Keluarga Berencana aktif modern, meningkatkan ketahanan keluarga melalui program bina keluarga balita (BKB), bina keluarga remaja (BKR), bina keluarga lansia (BKL), dan pusat informasi dan konseling (PIK) remaja.
    “Ada beberapa tujuan khusus dari program ini di antaranya menurunkan angka kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, meningkatkan rata-rata lama sekolah penduduk usia sekolah, meningkatkan sarana dan prasarana pembangunan kampung, dan meningkatkan sanitasi dan lingkungan kampung yang sehat dan bersih,” ujarnya.
    Dia mengatakan, prasyarat pembentukan kampung keluarga berkualitas yakni tersediannya data kependudukan yang akurat dan pendataan keluarga, dan dukungan dan komitmen pemerintah daerah baik bupati, wali kota, kepala distrik hingga kepala kelurahan.
    “Selain itu, partisipasi aktif masyarakat mulai dari tokoh masyarakat (tomas), tokoh agama (toga), tokoh adat (toda), dan masyarakat umum,” katanya.
    Para pelaksana program keluarga berkualitas ini diantaranya kepala desa/lurah, ketua rukun warga (RW), ketua rukun tetangga (RT), dan petugas lapangan sektor terkait.
    Ia menambahkan, sasaran dari program itu yakni keluarga, remaja, penduduk lanjut usia (lansia), pasangan usia subur (PUS), keluarga dengan balita, keluarga dengan lansia, sasaran sektor sesuai bidang tugas masing-masing.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com