• Warga Lebak Siap Transmigrasi Ke KALTENG      

    0

    Lebak, jurnalsumatra.com – Sebanyak lima kepala keluarga  asal Kabupaten Lebak, Banten siap diberangkatkan calon transmigrasi ke Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).
    “Pemberangkatan ke lokasi transmigrasi itu pada November 2016,” kata  Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Lebak, Dian di Lebak, Senin.
    Selama ini, warga Kabupaten Lebak itu secara fisik dan mental sudah siap diberangkatkan ke lokasi transmigrasi guna mengubah kehidupan yang lebih baik.
    Mereka lebih bersemangat dan optimistis di lokasi transmigrasi untuk mampu mengelola sektor pertanian, perkebunan dan peternakan.
    Bahkan, para calon transmigrasi tersebut bermimpi ingin menjadi orang sukses, seperti pengusaha argobisnis bidang pertanian dan perkebunan.
    Karena itu, pemerintah daerah mengoptimalkan pembinaan jiwa kewirausahaan, pelatihan ketrampilan pertanian hingga peternakan.
    Keberhasilan transmigrasi asal Kabupaten Lebak sudah terbukti keberhasilan sebagai pengusaha agrobisnis pertanian dan peternakan, seperti yang diberangkatkan transmigrasi ke wilayah Sumatera Selatan dan Sulawesi.
    “Kami berharap calon transmigrasi yang akan diberangkatkan ke Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalteng itu bisa mencapai sukses dan bisa mengubah kehidupan yang lebih baik,” katanya.
    Ia juga mengatakan, mereka para calon transmigrasi itu terus dibekali dan dibina pengembangan usaha pertanian pangan, hortikultura dan palawija.
    Selain itu pengembangan usaha budi daya perkebunan, peternakan dan perikanan sangat menjanjikan untuk kesejahteraan keluarga.
    Mereka para calon transmigrasi itu juga dibekali budaya masyarakat dia lokasi transmigrasi juga pendidikan cinta Tanah Air, sehingga integritas kebangsaan semakin mantap.
    “Kami minta calon transmigrasi itu bisa menjadikan kekuatan ekonomi keluarga juga menyumbangkan program ketahanan pangan nasional,” katanya.
    Menurut dia, pemerintah setiap tahun terus memberangkatkan transmigrasi asal Kabupaten Lebak guna menanggulangi kemiskinan juga kepadatan penduduk di Pulau Jawa.
    Pengiriman tahun ini sebanyak lima KK dan ditempatkan di Kabupaten Kapuas, Kalteng.
    Mereka para transmigrasi diberikan fasilitas lahan pertanian seluas dua hektare dan bibit tanaman.
    Selain itu, juga mendapat jaminan hidup berupa kebutuhan sandang dan pangan selama setahun.
    “Kami optimistis peserta transmigrasi asal Lebak bisa berhasil dalam mengubah kehidupan ekonomi yang lebih baik,” katanya.
    Budiman (55), calon transmigrasi warga Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak mengaku dirinya berangkat bersama istri dan dua anaknya sudah siap mengikuti program pemerintah untuk menempuh kehidupan ekonomi yang lebih baik.
    “Kami sudah siap untuk mengelola pertanian dan perkebunan di lokasi transmigrasi itu,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com