• Walhi: Kemenhut Selidiki Kebakaran Hutan Padang Lawas

    0

         Medan, jurnalsumatra.com – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia, Sumatera Utara mengharapkan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar menyelidiki kebakaran hutan di Kabupaten Padang Lawas, lantaran dikhawatirkan  dapat menimbulkan bencana nasional.
    “Kita tidak menginginkan kebakaran hutan di Padang Lawas (Palas) itu, seperti yang terjadi di Provinsi Pekanbaru, dan harus dihindari,” kata Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumut, Dana Tarigan di Medan, Senin.
    Kebakaran hutan di Palas itu, menurut dia, bisa saja terjadi akibat ditimbulkan oleh sejumlah titik api, karena saat ini di Sumut sedang terjadi musim kemarau.
    “Bisa jadi kebakaran hutan tersebut, disebabkan akibat ulah sekelompok manusia yang tidak bertanggung jawab ingin membuka areal perkebunan, hal ini harus dicegah,” ujar Dana,
    Ia menyebutkan, kebakaran hutan di Palas itu,jangan dianggap hal yang sepele dan bisa saja nantinya menimbulkan bencana nasional yang sulit diatasi.

        Memang, saat ini kebakaran hutan di Palas tersebut, hanya mencapai ratusan hektare, tapi bisa saja meluas hingga ribuan hektare.
    Oleh karena itu, katanya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaja dapat mengirimkan tim untuk  melakukan penyelidikan terhadap kebakaran hutan tersebut.
    “Pemerintah harus mengetahui penyebab kebakaran hutan di Palas, dan langkah apa selanjutnya yang harus ditempuh untuk menyelesaikan permasalahan itu,” ucapnya.
    Dana mengatakan, akibat seringnya kebakaran hutan tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas meminta bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Satgas Pekanbaru untuk memadamkan api.
    “Pemkab Padang Lawas, Dinas Kehutanan dan instansi terkait lainnya harus secepatnya menyelamatkan kebakaran hutan di daerah itu, karena hal bisa berdampak lebih luas lagi, serta meresahkan masyarakat,” kata Pemerhati Lingkungan itu.
    Sebelumnya, seluas 150 hektare hutan di wilayah Kecamatan Barumun, dan Kecamatan Batang Lubuk Sutam, Kabupaten Padang Lawas, terbakar.
    Sampai saat ini, upaya pemadaman api di kawasan hutan dan lahan masih terus dilakukan meski dengan menempuh medan yang sangat sulit.
    Kebakaran hutan di sejumlah wilayah Padanglawas telah terjadi sejak beberapa minggu ini, menyusul terjadinya musim kemarau berkepanjangan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com