• ULM Kaji Pemekaran Kecamatan Tanjung Tabalong      

    0

    Tanjung, jurnalsumatra.com – Tim peneliti dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu POlitik (FISIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin melakukan kajian terhadap kelayakan pemekaran Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.
    “Dari sejumlah responden yang kita analisa di 11 desa dan empat kelurahan sebanyak 81,30 persen mendukung rencana pemekaran Kecamatan Tanjung,” jelas salah satu anggota tim peneliti FISIP ULM Heriyanto di Tanjung, Senin.
    Kajian teknis terkait persepsi masyarakat tambah Heriyanto dilaksanakan 2015 dengan responden 10 orang tiap desa dan kelurahan dan faktanya sejumlah desa jaraknya cukup jauh dari kantor kecamatan.
    “Ada beberapa desa yang berjarak lebih dari empat kilometer dari kantor kecamatan sehingga pelayananpun jadi kurang cepat karena itu melalui pemekaran bisa meningkatkan pelayanan bagi masyarakat,” tambah Heriyanto saat memberikan pemaparan dihadapan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Tabalong.
    Ia pun menegaskan tim peneliti hanya melihat kelayakan masing-masing desa untuk dijadikan kecamatan dengan memperhatikan faktor ekonomi, sosial budaya, pendidikan dan sarana prasarana.
    Di Kecamatan Tanjung sendiri ada sejumlah desa yang bisa dijadikan kecamatan baru yakn Desa Kambitin, Desa Wayau, Desa Garunggung dan Desa Kitang.
    Selanjutnya tim peneliti akan melanjutkan kajian teknis terhadap calon kecamatan baru dan kecamatan lainnya yang desanya dijadikan bagian dari pemekaran.
    Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Tabalong Erwan mengatakan ekspos rencana pemekaran Kecamatan Tanjung ini bertujuan untuk mendapatkan masukan yang komperehensif dan menyeluruh dari semua pemangku kepentingan.
    “Kita juga ingin tahu aspirasi masyarakat secara langsung terhadap rencana pemekaran kecamatan Tanjung,” jelas Erwan.
    Ekspos rencana pemekaran Kecamatan Tanjung sendiri dihadiri para kepala desa, danramil, lurah, camat, Kapolres Tabalong dan Dandim 1008/Tanjung.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com