• Tiga ABK Hilang Di Perairan Lewoleba

    0

        Kupang, jurnalsumatra.com – Tiga orang anak buah kapal (ABK) KM Idin Pratama asal Makassar, Sulawesi Selatan dinyatakan hilang di perairan Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur ketika kapal yang mereka tumpangi dihantam gelombang di wilayah perairan setempat.
    “Tim dari Kupang sudah kita kirim ke Lewoleba untuk mencari tiga ABK  itu, tetapi hingga pencarian di hari kelima ini belum ada tanda-tanda keberadaan mereka,” kata Kepala SAR Kupang Ketut Gede Ardana saat ditemui Antara usai mengikuti upacara perigatan HUT ke-71 TNI di Kupang, Rabu.
    Ketiga ABK yang dinyatakan hilang itu adalah Abdul Hakim (40) Mustari (18) serta Ruben (30) saat terjadi musibah kapal barang yang ditumpanginya mengalami kerusakan mesin dan terobang-ambing di tengah laut.
    Akibat kerusakan mesin itu, ketiga ABK tersebut kemudian berinisitif turun dari kapal dan mencari bantuan di darat namun hingga kedatangan tim SAR ketiganya tidak ditemukan hingga saat ini.

        “Kita tidak tahu apakah ketiganya tenggelam saat mencari bantuan di darat atau juga mengalami kerusakan mesin sekoci saat hendak ke daratan mencari bantuan,” tutur Ardana.
    Ia menambahkan, hingga saat ini baik tim SAR dari Kupang dan tim SAR dari Maumere, Polairud Flores Timur, BPBD Lembata serta Pos Angkatan Laut di Lembata tengah terus berusaha mencari keberadaan ketiga ABK yang telah dinyatakan menghilang itu.
    Ardana menambahkan, SAR akan terus beroperasi untuk mencari dan menemukan ketiga AKB yang hilang tersebut, walaupun saat ini kondisi cuaca di perairan Lembata sendiri sedang tidak memungkinkan.
    Sementara itu terkait kapal Idin Pratama yang mengalami kerusakan mesin saat berlayar menuju Lembata, hingga ini sudah berada di Lembata dan dalam kondisi yang baik.
    “Kapalnya sudah tiba di pelabuhan Lembata sejak Senin (3/10) lalu dan saat ini dalam kondisi baik. Sementara tiga ABKnya masih terus kita cari,” demikian Ardana.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com