• Tapanuli Tengah Bangun “Sport Fising Area”

    0

    Pandan, Sumut  ,jurnalsumatra.com- Bupati Tapanuli Tengah Raja Bonaran Situmeang mengatakan, pihaknya akan membangun “Sport Fishing Area” di sekitar Pulau Bakar dan Pulau Ungge (unggas) di perairan daerah tersebut yang selama ini dikenal indah dan dapat dikunjungi wisatawan nusantara dan mancanegara.

    “Dengan didirikannya lokasi itu, akan meningkatkan pembangunan di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) yang memiliki banyak pulau-pulau kecil yang dapat dijadikan lokasi objek wisata untuk mendatangkan pendapatan bagi daerah tersebut,” katanya pada ekspose pembangunan Tapteng 2013 di Pandan, Sabtu.

    Pembangunan Lokasi Sport Fishing itu, menurut Bonaran, merupakan pemikiran yang dia lakukan untuk menjadikan Kabupaten Tapteng semakin lebih maju dan dapat berkembang dari tahun-tahun sebelumnya.

    “Pembangunan di Tapteng ini juga diharapkan dapat membawa perubahan bagi perekonomian masyarakat di daerah tersebut.sebab pembangunan yang kita ciptakan juga harus memberikan kesejahteraan bagi rakyat Tapteng berpenduduk 314.142 jiwa,” ujarnya.

    Bonaran mengatakan, dipilihnya Pulau Bakar dan Pulau Ungge sebagai Sport Fishing Area dinilai sangat tepat, karena juga sudah dibicarakan dengan tokoh masyarakat dan para nelayan.

    Bahkan, jelasnya, dalam pengelolaan nantinya dilaksanakan kerja sama atau Mou antara Bupati Tapteng dengan masyarakat nelayan sebagai wujud Kawasan Minapolitan dan  “Negeri Wisata Sejuta Pesona”.

    “Dengan memancing di kedua pulau tersebut, kita juga dapat menikmati keindahan alam  dan wisata Bahari dan Air Terjun di Pulau Mursala dan Pulau Putri yang memiliki Terumbu karang yang khas,” ucap dia.

    Lebih lanjut Bonaran mengatakan, Kabupaten Tapteng merupakan Kawasan Minapolitan dan pada tahun 2012 telah disusun  rancang bangunan (master plan) dan road map kawasan minapolitan di daerah tersebut.

    Selain itu, Kabupaten Tapteng terpilih sebagai salah satu proyek percontohan pengembangan .minapolitan dari 22 kabupaten/kota di Indonesia, sehingga pembangunan Kawasan Minapolitan lintas sektoral akan semakin tepat.

    “Pembangunan Sport Fishing Area yang berlokasi di Pulau Bakar dan Pulau Ungge itu terdapat di Perairan Laut Kecamatan Badiri, Tapteng,” katanya.

    Bonaran menambahkan, dalam pembangunan Sport Fishing Area di Perairan Tapteng, dianggarkan dana lebih kurang sebesar Rp7 miliar. Dan pembangunannya dilakukan secara bertahap.

    “Diperlukan suatu terobosan strategi dan arah kebijakan yang tepat dalam mewujudkan masyarakat Tapteng yang maju, sejahtera dan bermartabat,” kata Bonaran.

    Kota Tapanuli Tengah secara geografis terletak diantara 98 derajat 07 – 98 derajat 12′ Bujur Timur dan 1º 11′ – 2º 22′ Lintang Utara. Kabupaten Tapanuli Tengah secara administratif terdiri dari 20 Kecamatan dengan 147 Desa dan 30 Kelurahan.

    Sementara itu, luas wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah adalah 6.194,98 kilometer persegi (Km2). Darat 2.194,98  Km2 dan laut 4.000 Km2. Jumlah penduduk tahun 2011 314.142 jiwa terdiri atas 157.881 laki-laki dan 156.261 perempuan.

    Kabupaten Tapanuli Tengah juga memiliki 31 pulau dan beberapa di antaranya tiga pegunungan/bukit, 48 pantai, 22 air terjun, dua danau, dua objek wisata buatan dan 19 tempat bersejarah.

    Daya tarik wisata utama daerah ini adalah Teluk Tapian Nauli, Pesona keindahan pantai laut dan bawah laut, peninggalan budaya dan atraksi budaya. (anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com