• Sultra Menjadi Kawasan Nasional Sentra Produksi Padi

    0

       Kendari, jurnalsumatra.com – Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini sudah menjadi salah satu kawasan nasional sentra produksi padi di Indonesia yang ditetapkan oleh Kementerian Pertanian RI.
    Kepala Dinas Pertanian dan peternakan Sultra, Muhammad Nasir, di Kendari, Jumat, mengatakan terdapat lima daerah di Sultra yang masuk dalam kawasan nasional sentra produksi padi.
    “Lima daerah itu adalah Kabupaten Konawe, Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Bombana, Kabupaten Kolaka dan  Kabupaten Kolaka Timur,” kata Nasir.
    Dia mengatakan, keuntungan daerah dari penetapan Sultra menjadi kawasan nasional adalah biaya pengembangan produksi padi berasal dari pusat atau APBN.

         “Karena telah menjadi kawasan nasional sentra produksi padi, maka pusat akan menggelontorkan anggaran di daerah ini dengan tujuan mengembangkan dan meningkatkan produksi padi sebagai daerah penyangga pangan nasional,” katanya.
    Ia mengaku, tidak mudah untuk mendapatkan pengakuan atau penetapan dari pusat sebagai kawasan nasional tetapi dengan perjuangan dan berbagai pendekatan yang dilakukan sehingga Pusat mau menjadikan lima daerah di Sultra sebagai sentra produksi padi yang akan dibiayai melalui APBN.
    “Awalnya tidak ada daerah di Sultra yang jadi kawasan nasional sentra produksi padi, tetapi saya menghadap langsung Menteri Pertanian Amran Sulaiman yang pernah bertugas di Sultra agar menetapkan Sultra sebagai salah satu kawasan nasional sentra produksi padi,” katanya.
    Disebutkan, luas tanam padi di Sultra memcapai 121.000 hektare dengan produksi padi rata-rata 660.000 ton pertahun.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com