• Solok Selatan Umumkan Ulang Pendaftaran “Lelang Jabatan”

    0

        Padang Aro, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, akan mengumumkan ulang pendaftaran seleksi terbuka tiga jabatan eselon II karena jumlah pendaftar masih kurang dari batas minimal.
    “Jumlah peserta yang mendaftar sebelumnya masih kurang. Untuk masih-masih jabatan pesertanya minimal empat orang,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solok Selatan Erwin Ali yang didampingi Kepala Bidang Pengembangan Pegawai dan Mutasi Edi Iswara di Padang Aro, Jumat.
    Ketiga jabatan eselon II yang akan dilelang itu, yakni Asisten I, kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Sekretaris DPRD Solok Selatan.
    Jumlah pendaftar seleksi terbuka sebelumnya, yakni Asisten I sebanyak dua orang, kepala Dinas PU dua orang dan Sekretaris DPRD berjumlah empat orang.
    Erwin menyebutkan pengumunan ulang ini kemungkinan akan diumumkan pada pekan depan. “Kami bicara dengan dulu dengan pimpinan, tapi kemungkinan pekan depan,” ujarnya.
    Ia menjelaskan kebijakan pengumuman ulang pendaftaran ini setelah pihaknya melakukan konsultasi kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pekan lalu.
    Sesuai surat KASN yang bernomor B-1758/KASN/9/2016, sebutnya KASN juga menganjurkan agar dilakukan mengurangi persyaratan yang dianggap memberatkan peserta. “Untuk pengurangan persyaratan ini nanti akan kami bicarakan dengan dengan pak Bupati dan pak Sekda,” ujarnya.
    Lalu, pada seleksi kali ini peserta diperbolehkan mendaftar lebih dari satu jabatan.
    Kemudian, katanya KASN meminta bupati atau sekda menerbitkan surat perintah bagi para pegawai yang memenuhi syarat ikut seleksi terbuka tersebut.
    “Kami harapkan dengan adanya kemudahan ini ada animo pegawai untuk ikut lelang jabatan,” ujarnya.

         Sementara terkait jumlah pendaftar pada jabatan Sekretaris DPRD yang sebelumnya berjumlah empat orang, jelasnya setelah dilakukan seleksi administrasi ternyata ada dua pendaftar yang persyaratannya kurang.
    “Minimal peserta yang akan diajukan untuk diseleksi ulang berjumlah empat, sementara setelah seleksi administrasi yang lolos hanya dua orang,” jelasnya.
    Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Selatan Yulian Efi menjamin seleksi terbuka yang dilakukan ini transparan karena panitia seleksi bukan saja dari unsur pemerintah daerah melainkan juga dari akademisi dan pamong senior.
    “Insyaallah kami jamin transparasinya,” ujarnya.
    Ia menyebutkan panitia seleksi tersebut terdiri atas dua orang dari akademisi yang berasal dari Universitas Negeri Padang, satu orang dari pamong senior dan dua orang dari pemerintah daerah.
    “Dari pemerintah daerah, yakni Sekda dan Kepala BKD,” ujarnya.
    Ia berharap dengan jaminan transparansi dan pengurangan persyaratan tersebut animo pegawai untuk turut seleksi tersebut meningkat.
    “Saya juga kurang tahu kenapa pendaftar lelang jabatan di Solok Selatan sedikit, tapi kami berharap dengan adannya pengurangan persyaratan ini animo pegawai meningkat untuk mendaftar,” katanya menambahkan.
    Pendaftarn seleksi terbuka jabatan eselon II ini sebelumnya telah dibuka selama sebulan, yakni pada 2 Agustus hingga 2 September 2016. Karena jumlah pendaftarnya belum memenuhi batas minimal, kemudian dilakukan perpanjangan selama dua kali.
    Perpanjangan pendaftaran pertama dibuka pada diperpanjang dari 5 hingga 13 September 2016 dan perpanjangan kedua pada 13 hingga 23 September 2016.
    Hingga perpanjangan pendaftaran untuk kedua kalinya, pendaftar seleksi terbuka ketiga jabatan tersebut masih belum memenuhi batas minimal jumlah pendaftar.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com