• Solok Selatan Sosialisasikan Makan Ikan Sejak DINI

    0

     Padang Aro, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, memperkenalkan manfaat makan ikan sejak dini kepada balita dengan mensosialisasikan langsung ke lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
    “Kita telah mendatangi 14 PAUD di tujuh kecamatan memberikan sosialisasi kepada murid tentang manfaat makan ikan dan nanti PAUD tersebut juga diberi hadiah bagi yang menerapkan makan ikan dalam programnya,” kata  Kepala Bidang Perikanan, Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan Solok Selatan, Yani Suryani didampingi Kepala Seksi Bina Produksi Bismark Yanzer di Padang Aro, Selasa.
    Dia menjelaskan, selain melakukan sosialisasi pihaknya juga menilai PAUD yang dikunjungi tentang pemberian makan pada siswa apakah sudah menerapkan wajib makan ikan atau belum.
    Selain itu katanya, pihaknya mengajak pengelola PAUD untuk membuat menu masakan ikan untuk makan anak-anak minimal satu kali dalam seminggu untuk menunjang kecerdasannya.
    “Manfaat makan ikan sangat banyak oleh sebab itu dilakukan sosialisasi kepada anak sejak dini,” katanya.
    Selain itu katanya, tujuan lainnya adalah guna meningkatkan konsumsi ikan perkapita setiap tahunnya bagi masyarakat Solok Selatan.
    Ia mengungkapkan, tahun ini Solok Selatan diberi target konsumsi ikan 25 kilogram perkapita pertahunnya sehingga perlu dilakukan sosialisasi sejak dini.
    Sedangkan pada 2015 katanya, konsumsi ikan masyarkat Solok Selatan hanya 20,13 kilogram perkapita pertahunnya dan diharapkan dengan adanya sosialisasi target tahun ini bisa tercapai.
    “Kita terus mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ikan karena banyak manfaat yang didapat untuk diri mereka,” katanya.
    Adapun manfaat makan ikan yaitu kesehatan kardiovaskular yaitu membantu mencegah penyakit jantung dan gagal jantung dengan mencegah akumulasi trigliserida, Menurunkan tekanan darah, menurunkan berat badan, menekan risiko kanker.
    Selanjutnya yang sangat bermanfaat bagi anak yaitu meningkatkan fungsi otak karena  asam lemak omega tiga pada ikan dalam meningkatkan perkembangan otak bayi dan anak-anak, kemudian melawan peradangan, menyehatkan mata, perawatan kulit dan mengatasi depresi.
    Dia menambahkan, pemerintah setempat juga sudah membentuk forum peningkatan kosnsumsi ikan nasional (Forikan) untuk meningkatkan konsumsi masyarakat akan ikan.
    “Dengan adanya forum ini ke depannya masyarakat lebih banyak lagi mengonsumsi ikan demi mendapatkan manfaat yang terkandung di dalamnya,” tambahnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com