• SEKDA: Penyerapan Anggaran SKPD Karawang Kecil

    0

    Karawang, jurnalsumtra.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Teddy Rusfendi Sutisna menilai masih banyak satuan kerja perangkat daerah (SKPD) setempat yang terkesan loyo dalam melaksanakan kegiatan, terlihat dari kecilnya serapan anggaran yang tersedia.
    “Sekurangnya ada 5-10 SKPD  di lingkungan Pemkab Karawang yang masih loyo dalam menyerap anggaran,” katanya di Karawang, Rabu.
    Disebutkan SKPD yang terkesan loyo itu  di antaranya Dinas Bina Marga dan Pengairan serta Dinas Cipta Karya.
    Ia menyatakan, sejumlah organisasi perangkat daerah yang “loyo” dalam melakukan penyerapan anggaran ialah organisasi perangkat daerah yang cukup banyak pengadaan fisik.
    Atas hal itu, organisasi perangkat daerah tersebut dilarang untuk mengajukan terlalu banyak program pada tahun anggaran perubahan 2015 dan tahun anggaran 2016.
    Jika organisasi perangkat daerah yang “loyo” dibiarkan mengajukan banyak program pada tahun-tahun berikutnya, dikhawatirkan realisasi penyerapan anggarannya tidak akan maksimal.
    Dilihat dari pengalaman realisasi penyerapan anggaran tahun 2014, organisasi perangkat daerah yang banyak mengajukan program itu gagal atau loyo dalan melakukan penyerapan anggaran.
    Ia mengakui saat ini penyerapan anggaran hingga triwulan terakhir ini masih minim. Itu terjadi karena organisasi perangkat daerah yang banyak anggarannya, minim penyerapan anggaran.
    “Tetapi kami sudah mengintruksikan agar seluruh organisasi perangkat daerah lebih optimal lagi dalam merealisasikan program-program, agar realisasi penyerapan anggaran bisa mencapai 70 persen menjelang akhir tahun,” kata dia.
    Sehingga pada akhir tahun ini ia optimistis realisasi penyerapan anggaran tahun ini bisa mencapai 90-95 persen. (anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com