• Sejumlah Wilayah Gorontalo Berpotensi Dilanda Angin Kencang

    0

    Gorontalo, jurnalsumatra.com- Prakirawan BMKG Gorontalo Fathuri, Selasa mengatakan sejumlah wilayah di daerah itu berpotensi dilanda hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai petir dan angin kencang sejak Selasa sekitar pukul 13.00 Wita.
    Wilayah tersebut meliputi Kabupaten Gorontalo Utara yakni Kecamatan Anggrek dan Kwandang, Kabupaten Boalemo di Wonosari, Mootilango dan Pulubala, serta Kabupaten Bone Bolango yakni Bulango Utara, Pinogu, dan Suwawa Timur.
    Menurutnya, hal ini juga akan meluas ke Kabupaten Gorontalo yang meliputi Bongomeme, Dungaliyo, dan Limboto Barat hingga pukul 15.30 Wita.
    Sementara itu di Kota Gorontalo, warga merasakan angin yang cukup kencang hingga sejumlah dahan pohon jatuh mesk tak menimbulkan korban.
    “Dahan-dahan pohon mangga jatuh karena angin hari ini cukup kencang pada siang hari. Kami berharap tidak ada badai atau cuaca yang lebih ekstrim,” kata salah seorang warga Kelurahan Bulotadaa Barat, Nuryana Giu.
    Sebelumnya, BMKG memprediksi Curah Hujan (CH) kumulatif selama periode Oktober 2016 sampai dengan Maret 2017 di daerah Non Zona Musim Gorontalo bagian Selatan, berada di atas normal.
    “Curah hujan pada periode itu bervariasi dari 500 mm hingga 1000 mm, yang meliputi seluruh Kabupaten Bone Bolango, Kota Gorontalo, seluruh wilayah Kabupaten Gorontalo, Boalemo dan Pohuwato,” kata Kepala BMKG Gorontalo Indar Adi Waluyo.
    Prediksi yang sama juga berlaku untuk wilayah Zona Musim di Gorontalo bagian Utara yang meilputi Kecamatan Kwandang, Tomilito, Gentuma, Atinggola, Anggrek, Sumalata Timur, Sumalata, dan Tolinggula.
    Ia menjelaskan sifat hujan kumulatif selama periode Oktober 2016 sampai dengan Maret 2017 di daerah Non Zona Musim, merupakan perbandingan antara curah hujan yang diprakirakan terhadap rata-rata periode tahun 1981-2010 pada masing-masing daerah dalam periode yang sama.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com