• Realisasi Dana Desa Kedua Tabalong Rp37,6 Miliar

    0

        Tanjung, jurnalsumatra.com – Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, Syaiful Ikhwan mengatakan realisasi penyaluran Dana Desa tahap kedua mencapai Rp37,6 miliar.
    “Dana Desa tahap kedua yang sudah kita salurkan sebesar Rp37,6 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten sedangkan dari APBN belum direalisasikan,” jelas Syaiful di Tanjung, Selasa.
    Penyaluran Dana Desa tahap kedua itu diberikan kepada 106 desa yang sudah membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan dana tahap pertama.
    Tersisa lima desa yang hingga kini belum menyampaikan laporan pertanggungjawaban dana desa tahap pertama ke BPMPD setempat.

        Realisasi Dana Desa tahap kedua masing-masing bersumber dari Bagi Hasil Pajak Daerah sebesar Rp1,7 miliar, retribusi daerah Rp342,8 juta dan Alokasi Dana Desa (ADD) Rp35,6 miliar.
    Sebelumnya Dana Desa tahap pertama yang sudah terserap totalnya Rp74,6 miliar di antaranya dari Bagi Hasil Pajak Daerah Rp1,3 miliar, ADD Rp29,45 miliar dan APBN Rp45,2 miliar.
    Selanjutnya Kabid Sosial dan Budaya Bappeda Tabalong Sujadi mengatakan penggunaan Dana Desa yang dilaksanakan melalui Gerakan Pembangunan Menuju Masyarakat Sejahtera (Gerbang Emas) diharapkan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dan kualitas infrastruktur.
    “Ada beberapa misi yang ingin dicapai melalui program Gerbang Emas diantaranya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia dan menurunkan angka kemiskinan,” jelas Sujadi dalam Rakor Gerbang Emas di Aula Pemkab Tabalong.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com