• Ratusan Karyawan Hotel Sumsel Pelatihan Sertifikasi Profesi

    0

    Palembang ,jurnalsumatra.com – Ratusan karyawan hotel dan restoran di Kota Palembang dan sejumlah daerah di Sumatera Selatan mengikuti pelatihan sertifikasi profesi untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa tersebut.

    “Sekarang ada 200 karyawan hotel dan restoran mengikuti pelatihan sertifikais profesi yang digelar PHRI bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata pada 2-4 September 2016, dan dalam waktu dekat digelar kembali untuk 400 karyawan hotel dan restoran lainnya,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan Herlan Aspiudin, di Palembang, Minggu.

    Dia menjelaskan, pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia (SDM) di bidang industri pariwisata di daerah yang kini sedang melakukan persiapan untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2018 bersama DKI Jakarta.

    Untuk meningkatkan kualitas SDM di bidang industri pariwisata, pihaknya terus memotivasi pengelola hotel kelas melati dan bintang serta pengelola restoran untuk memberikan kesempatan karyawannya mengikuti pelatihan dan sertifikasi profesi.

    Pada 2016 ini pihaknya menargetkan pelatihan sertifikasi profesi karyawan hotel dan restoran untuk 600 orang, namun pada gelombang pertama ini baru bisa diberikan kesempatan kepada 200 karyawan dan secara bertahap akan terus dilakukan hingga sesuai dengan target yang ditetapkan, katanya.

    Menurut dia, PHRI setiap tahun menjadwalkan beberapa kali kegiatan pelatihan dan sertifikasi yang dapat dimanfaatkan karyawan hotel dan restoran untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme di bidang pekerjaannya masing-masing.

    Kegiatan tersebut akan terus ditingkatkan kualitasnya sehingga ke depan seluruh karyawan hotel dan restoran di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota ini telah memiliki sertifikasi profesi sebagai bentuk pengakuan profesionalisme di bidang pekerjaannya oleh lembaga khusus dan mendukung perkembangan industri pariwisata.

    Selain meningkatkan kualitas SDM, pihaknya juga terus memotivasi pemilik hotel kelas melati meningkatkan status kelasnya menjadi hotel bintang dan hotel bintang naik kelas bintang yang lebih tinggi.

    Untuk memotivasi peningkatan kelas hotel, pihaknya terus berupaya melakukan pembinaan dan mendorong manajemen hotel dan restoran untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas pendukung.

    “Kualitas pelayanan dan fasilitas pendukung perlu tetap dipelihara dengan baik dan terus ditingkatkan guna memberikan kenyamanan kepada pengguna jasa hotel dan penikmat makanan restoran,” ujar Herlan. (anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com