• Pendonor Dengan Golongan Darah AB di OKI Langka

    0
    Sirni

    Sirni Lestari

    KAYUAGUNG, SUMSEL. Jurnalsumatra.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel), mengklaim sangat kesulitan mencari pendonor dengan golongan darah AB. Padahal kebutuhan akan darah AB juga terbilang sangat dibutuhkan.

    Ketua PMI Kabupaten OKI, Hj Lindasari Iskandar melalui Sekretaris PMI Kabupaten OKI, Sirni Lestari menegaskan bahwa untuk kebutuhan darah saat ini relatif mencukupi. Asumsinya rata-rata kebutuhan akan darah mencapai 150 kantong per bulan.

    “Bank darah ada di RSUD Kayuagung. Ya, kebutuhan darah didominasi berada di kebidanan RSUD Kayuagung, lalu bedah dan lainnya. Persediaan darah paling banyak ada pada golongan darah O, A dan B. Sementara darah yang langka yakni golongan darah AB,” kata Sirni, Senin (3/10/2016).

    Menurut dia, pihaknya sangat rutin melakukan aksi sosial donor darah yang dilakukan sebulan sekali. Bahkan jika memang membutuhkan, pihaknya siap menelpon pwndonor untuk mendonorkan darahnya.

    “Semua pendonor terus didata dengan maksud ketika lagi diperlukan mereka siap mendonorkan darah. Asalkan dinyatakan sehat dan layak mendonorkan darah,” tuturnya.

    Sebagai bentuk apresiasi terhadap pendonor, pihaknya memprogramkan umroh. Bagi pendonor yang sudah mendonorkan hingga 100 kali akan mendapatkan pin emas dari Presiden. Begitupun jika telah capai 50 kali diusulkan umroh yang ditanggung APBD Kabupaten OKI.(RICO)
  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com