• Pemprov Kaltim Gelar Lomba Desa/Kelurahan

    0

    Samarinda, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melakukan penilaian dalam rangka lomba desa/kelurahan untuk menentukan yang terbaik dalam persiapan menghadapi lomba tingkat Regional III wilayah Kalimantan dan Sulawesi.
    “Terdapat delapan desa/kelurahan yang sedang kami nilai. Penilaian pertama kami lakukan di Kelurahan Bukuan, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda,” ujar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kaltim Moh Jauhar Efendi di Samarinda, Senin.
    Desa dan kelurahan lain yang akan dilakukan penilaian adalah Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan.
    Kemudian  Kelurahan Waru, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, dan Kelurahan Muara Jawa Ilir, Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara.
    Selanjutnya, Desa Loa Janan Ilir, Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara, dan Desa Swarga Bara, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur.

        Berikutnya adalah Desa Sidorejo, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, dan Desa Tepian Buah, Kecamatan Segah, Kabupaten Berau.
    Menurut Jauhar, ada beberapa kriteria dalam penilaian lomba desa/kelurahan, antara lain kreativitas atau inovasi pemerintah desa atau kelurahan dalam memberdayakan masyarakat dan memanfaatkan potensi lokal, baik mengenai sisi ekonomi, sosial kemasyarakatan, maupun sektor lain.
    “Kriteria lain yang dinilai seperti pengembangan perekonomian, pendidikan, kesehatan, administrasi pemerintahan maupun kelembagaan mitra kerja pemerintah desa dan kelurahan,” tambahnya.
    Kelembagaan mitra kerja yang juga menjadi perhatian dalam penilaian ini seperti peran yang dilakukan Pembinaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Badan Kerja Sama Antar Desa ( BKAD), karang taruna, dan lembaga lain di level desa/kelurahan.
    “Kelurahan dan desa mana pun yang akan mendapat nilai terbaik dalam lomba tingkat Kaltim ini akan diikutkan dalam lomba tingkat Regional III tahun 2017. Untuk tahun ini ada dua dari Kaltim yang dapat juara tingkat Regional III, yakni kelurahan di Bontang juara 1 dan desa di Paser juara 3,” ujar Jauhar.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com