• PEMPROV JABAR Akan Bentuk SAMSAT Citarum Bestari      

    0

    Bandung, jurnalsumatra.com  – Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membentuk Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Citarum Bersih, Sehat, Indah dan Lestari atau Bestari sebagai upaya mengurangi limbah yang dibuang oleh perusahaan-perusahan ke Sungai Citarum.
    “Insha Allah penyelesaian dari kita terkait Citarum Bestari ialah dengan membuat Samsat Citarum Bestari. Semoga jadi dalam waktu dekat ini, Samsat ini akan sama seperti Samsat Jatigede yang sudah berhasil,” kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, di Gedung Sate Bandung, Senin.
    Menurut dia, salah satu dampak dari banyaknya perusahaan yang membuang limbahnya ke Sungai Citarum ialah munculnya mata air hitam di sepanjang sungai tersebut.
    “Di Citarum Bestari yang jadi masalah ada pembuangan limbah industri yang cukup sulit untuk dihentikan, karena semenjak awal ipal-ipalnya tidak dipakai oleh perusahaan tersebut. Banyak mata air tapi hitam dan panas, ternyata itu adalah limbah yang dibuang perusahaan ke bawah sungai ternyata,” kata dia.
    Pria yang akrab disapa Aher ini mengatakan Samsat Citarum Bestari tersebut akan melibatkan sejumlah pihak seperti Pemprov Jawa Barat, kabupaten/kota terkait, Kodam III Siliwangi, Polda Jawa Barat dan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat serta BPKP untuk menghitung kerugian.
    “Masing-masing instansi akan memberikan kewenangan, mewakili pimpinan masing-masing sehingga ketika merumuskan sebuah masalah maka rumusannya yang menyelesaikan dan rumusan itu diberikan kepada perusahaan atau pelaku industri yang membuang limbahnya ke Citarum,” kata Aher.
    Samsat Citarum Bestari, lanjut dia, juga akan mengundang perusahaan-perusahaan dan memaparkan pengelolaan limbahnya dan rencana ke depan pengelolaannya seperti apa.
    “Kemudian setelah itu diberikan masukan anda harus melakukan ini itu terkait pengelolaan limbahnya dan diberi batas waktu serta dilindungi angan sampai ada pungli kepada mereka. Dan ketua samsat ini mungkin bisa asda (asisten daerah),” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com