• Pemkot Padang Konsisten Perbaiki Drainase Cegah Banjir

    0

         Padang,  jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Padang,  Sumatera Barat, secara konsisten memperbaiki drainase di beberapa lokasi guna mencegah banjir saat hujan lebat.
    “Beberapa lokasi telah rampung penambahan dan perbaikan drainase ke depan akan ada di beberapa lokasi yang rawan,” kata Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah di Padang,  Rabu.
    Sejak awal tahun, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan instansi terkait lainnya, pemkot telah melakukan perbaikan drainase di beberapa titik, seperti Simpang Haru dan Kalawi.
    Hingga saat ini, katanya, masih dalam tahap pengerjaan di Jalan Gajah Mada Simpang Tinju.
    Beberapa lokasi tersebut, katanya, cukup rawan air tergenang saat hujan  lebat,  namun setelah ada penambahan drainase di sekitar lokasi tersebut, banjir dapat teratasi.
    “Ke depan daerah parah banjir, seperti di Siteba,  Aia Pacah, dan Koto Tangah juga akan dilakukan perbaikan drainase,” katanya.

         Dia mengatakan selain drainase pada daerah tersebut, juga akan dilakukan upaya lain, seperti pembuatan kota tepi air yang berfungsi penahan banjir serta banjir kanal pada beberapa aliran sungai.
    Selain itu, di sekitar wilayah By Pass yang saat ini masih tahap pengerjaan untuk dua jalur, juga akan dilebarkan selokannya agar air mudah mengalir.
    “Konsistensi ini akan terus dijaga hingga Padang terbebas dari ancaman banjir,” ujarnya.
    Dia mengatakan dalam mengupayakan hal tersebut tentu membutuhkan dukungan dari semua pihak, khususnya warga.
    “Minimal menjaga dan tidak merusak drainase untuk kepentingan yang tidak bertanggung jawab,” kata dia.
    Pengamat lingkungan dari Universitas Andalas Ardinis Arbain menilai bukan hanya penambahan dan perbaikan drainase yang perlu menjadi perhatian, namun juga kondisi sungai.
    Menurut dia, sungai di Padang yang alurnya lurus dan dibatasi beton mempercepat timbulnya banjir sehingga perlu dilakukan renovasi.
    “Dengan membelok-belokkan kembali aliran sungai akan memperkecil intensitas munculnya banjir,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com