• PEMKOT Medan Terus Benahi Drainase Antisipasi Banjir      

    0

    Medan, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Medan terus melakukan normalisasi terhadap sejumlah drainase yang mengalami penyumbatan dalam upaya meminimalisir terjadinya banjir, terutama di musim penghujan.
    “Banyak drainase tersumbat yang mengakibatkan air melimpah hingga ke jalan-jalan terutama di musim penghujan seperti sekarang ini,” kata kepala Dinas Bina Marga Kota Medan Khairul Syahnan di Medan, Selasa.
    Ia mengatakan, seluruh jajarannya saat ini siaga penuh untuk mengatasi musim penghujan yang disertai cuaca ekstrem yang kerap membuat sungai dan drainase tidak mampu menampung debit air.
    Begitu menerima laporan dari camat untuk meminta bantuan tenaga dan alat berat untuk mengeruk sungai atau drainase yang mengalami pendangkalan mau pun penyumbatan, pihaknya langsung menindaklanjutinya.
    “Pokoknya kita siap untuk membantu, terutama dalam mengatasi persoalan banjir. Begitu menerim laporan, kita akan turunkan petugas mau pun alat berat yang dibutuhkan,” katanya.
    Terakhir pihaknya melakukan pengorekan terhadap drainase di Jalan Abdullah Lubis, persisnya dekat persimpangan Jalan Darussalam, Kelurahan Merdeka, Kecamatan Medan Baru.
    Di wilayah itu terjadi sejumlah titik genangan air akibat drainase yang ada di sisi kanan dan kiri jalan tersumbat akibat sendimentasi.
    Untuk mengatasinya, Dinas Bina Marga pun melakukan pengorekan dengan menurunkan satu unit “backhoe” beserta sejumlah truk untuk mengangkut langsung lumpur hasil pengorekan parit agar tidak menumpuk di pinggir jalan.
    Setelah dilakukan pengorekan air yang semula tergenang, kini telah surut karena sudah mengalir lancar menuju Sungai Putih.
    “Masyarakat juga harus proakttif, minimal seminggu sekali melakukan gotong royong dan tidak membuang sampah dalam drainase, apalagi sungai,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com