• Pemkab Puncak Agendakan Perpanjang Landasan Bandara Ilaga

    0

        Jayapura, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Puncak rencananya akan memperpanjang landasan di Bandara Aminggaru, Ilaga sepanjang 1.500 meter pada tahun depan.
    Bupati Puncak Willem Wandik, di Jayapura, Senin, mengatakan perpanjangan landasan Bandara Ilaga ini untuk mengantisipasi semakin seringnya kecelakaan pesawat yang terjadi di bandara tersebut.
    “Letak Bandara Aminggaru, Distrik Ilaga berada di atas lereng bukit sangat rawan terjadi kecelakaan, apalagi ditambah faktor cuaca, di mana sering turun hujan menyebabkan runway licin seringkali menjadi penyebab pesawat tergelincir saat mendarat,” katanya.
    Menurut Willem, untuk itu, pemerintah kabupaten bersama dengan Kementerian Perhubungan telah membuat perencanaan untuk perluasan Bandara Aminggaru.

        “Memang di Puncak ini hanya ada penerbangan Bandara Ilaga dan menjadi satu-satunya bandara di tempat kami, selama ini mau cari alternatif bandara lain, tetapi tidak bisa karena ini satu-satunya,” ujarnya.
    Dia menuturkan pihaknya juga telah membuat perencanaan pengembangan, di mana Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya sudah datang ke Ilaga dan menyaksikannya sendiri.
    “Kondisi Bandara Ilaga ini bagus, akan tetapi letaknya yang berada di atas bukit itu dikelilingi jurang dan seringkali cuaca berkabut, serta sering turun hujan yang menyebabkan pesawat terkadang mengalami kesulitan untuk mendarat karena runwaynya licin,” katanya lagi.
    Dia menambahkan memang medannya itu juga menjadi masalah dan juga faktor pilotnya, secara teknisnya juga bagian ini perlu diantisipasi saat masuk ke Ilaga karena seringnya terjadi kecelakaan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com