• PEMKAB Bengkalis Gelar Pelatihan Dasar Pemetaan Tanah      

    0

    Bengkalis, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau menggelar Pelatihan Dasar Pemetaan Tanah bagi aparat kelurahan dan desa, yang dilaksanakan di Pantai Marina Hotel Bengkalis, Senin.
    “Saya minta kepada peserta agar serius mengikuti pelatihan ini, mengingat pemerintah desa berada di garda terdepan dalam pelayanan publik. Karena salah satu upaya untuk memperkecil persoalan sengketa lahan di Kabupaten Bengkalis ini, harus dimulai dari administrasi yang baik,” kata Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Pemkab Bengkalis, Hermato Baran usai membuka secara resmi pelatihan tersebut.
    Menurut dia, pencatatan sistematis tanah sangat penting baik bagi administrasi negara maupun untuk perencanaan dan pengembangan pembangunan, serta untuk kepastian hukum dalam peralihan, pemindahan atau pembebanan hak atas tanah.
    “Fungsi tanah tidak hanya terbatas pada kebutuhan tempat tinggal, tetapi juga sebagai tumbuh kembang sosial politik, dan budaya seseorang maupun suatu komunitas masyarakat. Tanah juga merupakan faktor pendukung utama kehidupan dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Hermanto.
    Sementara itu, pelatihan dasar pemetaan tanah tersebut mendatangkan dua  narasumber yaitu Kusumo Widodo, dan Suhendri dari badan Informasi Geospasial Cibinong. Sedangkan narasumber dari Bengkalis adalah BPN Bengkalis Tri Junaidi.
    Pelatihan yang diikuti sebanyak 80 peserta pemetaan yang terdiri dari kelurahan dan desa tersebut dilaksanakan selama 5 hari.
    Pelatihan dasar pemetaan tanah bagi aparatur Kelurahan dan Desa, dibuka secara resmi dengan ditandai pengalungan tanda peserta oleh staf ahli Bupati Bidang pemerintahan H. Hermato Baran yang didampingi narasumber dan kepala bagian pertanahan Kabupaten Bengkalis.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com