• PEMKAB Batang Minta CABUP Jaga PILKADA Damai      

    0

    Batang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, meminta pada semua pasangan calon bupati menjaga situasi dan kondisi menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah 2017 berlangsung damai.
    Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Batang, Agung Wisnu Barata di Batang, Sabtu, mengatakan bahwa semua kontestan beserta dan tim suksesnya harus  menghindari cara yang bisa memperpanas situasi dan kondisi, terutama terkait isu suku, agama, dan ras (sara).
    “Isu sara dan golongan ini paling mudah dimanfaatkan untuk membakar sentimen umat dan masyarakat. Oleh karena itu, kami mengimbau semua tim pasangan calon tidak mempertentangkan isu-isu golongan seperti NU-Muhammadiyah dalam aktivitas politik,” katanya.
    Menurut dia, mempertentangkan isu sara dalam even politik terlalu besar resikonya bagi keutuhan entitas daerah setempat.
    “Pancasila telah sejak awal disepakati sebagai ideologi bangsa. Oleh karena, pertentangan unsur-unsur keragaman yang menopang bangsa menjadi tak relevan,” katanya.
    Ia berharap peran pemuka agama pada masing-masing kelompok itu bisa mengampanyekan pilkada damai agar kondisi dan situasi daerah tetap terjaga.
    “Pemuka agama harus bisa  tampil sebagai ‘pemadam kebakaran’ yang mendinginkan suasana.Tanpa menghilangkan hak berpolitik, kami meyakini para pemuka agama masih berkomitmen tinggi mengawal umat dan masyarakat berpesta politik secara damai,” katanya.
    Selain meredam isu sara, Agung berharap pada semua pihak bisa mengantisipasi praktek transaksional politik karena selain tidak sejalan dengan nilai Pancasila juga akan semakin menjerembabkan perpolitikan Indonesia dalam jurang liberalisme liar.
    “Kita terlanjur memilih sistem pemilu langsung yang sebetulnya lebih bercorak liberal. Akan tetapi paling tidak arah dan kedalamannya bisa tetap dikontrol dengan nilai-nilai Pancasila,” katanya.
    Ia menambahkan momentum Pilkada Batang dapat sebagai contoh pesta politik rakyat yang santun, saling menebar respek, dan bermartabat.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com