• Pemkab Anggarkan Rehabilitasi Dermaga Jangkar Rp30 Miliar

    0

        Situbondo, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mengalokasikan anggaran sebesar Rp30 miliar untuk merehabilitasi dermaga Pelabuhan Jangkar, yang selama ini menjadi tempat penyeberangan ke beberapa pulau di Madura.
    “Anggaran sebesar Rp30 miliar tersebut melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Induk Provinsi Jawa Timur, dan akan terealisasi serta pelaksanaannya pada tahun 2017,” kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Situbondo Lutfi Joko Prihatin di Situbondo, Kamis.
    Perbaikan atau rehabilitasi Pelabuhan Jangkar yang ada di Desa Jangkar, lanjut dia, dilakukan karena pelabuhan penyeberangan ke Pulau Sapudi, Raas dan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, itu umurnya sudah tua serta banyak yang rusak.

         Selain itu, katanya, alokasi anggaran puluhan miliar tersebut sebagai langkah pertama pembangunan Pelabuhan Jangkar yang direncanakan menjadi pelabuhan besar menuju Pelabuhan Padangbai, Bali serta Pelabuhan Lembar Lombok, Nusa Tenggara Barat.
    “Untuk tahun 2016, pemerintah daerah telah menganggarkan Rp100 juta untuk pembangunan ‘catwalk’ atau membangun disamping dermaga khusus penumpang pejalan kaki ke kapal, dan saat ini pengerjaannya sudah hampir selesai” ucapnya.
    Ia mengemukakan bahwa dermaga Pelabuhan Jangkar dinyatakan rusak berat setalah dilakukan cek fisik oleh tim dari Dishubkominfo Kabupaten Situbondo.
    Ada beberapa bagian yang harus segera diperbaiki, seperti “movable bridge” (jembatan gerak), “tackle electric” (takal elektrik), dan “catwalk” (untuk pejalan kaki).
    “Kondisi besi yang ada di bawah jembatan banyak yang keropos, sedangkan kayu jembatan juga banyak terkelupas dan Jika dibiarkan bisa mengancam keselamatan penumpang dan menggangu penyeberangan,” paparnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com