• Pelayanan Kesehatan Terkendala Mobil Operasional    

    0

    Kupang, jurnalsumatra.com – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, dr Robert Amaheka mengatakan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di kawasan perbatasan Kabupaten Kupang dengan wilayah kantung (enclave) Timor Leste, Oecusse terkendala mobil mobil operasional.
    “Kondisi jalan di wilayah pedalaman di Kabupaten Kupang sangat buruk, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan kendaraan jenis ambulance untuk mendukung kegiatan operasional di tapal batas negara,” katanya kepada Antara, Selasa.
    Amaheka yang ditemui di Oelamasi, ibu Kota Kabupaten Kupang, 38 km arah timur Kota Kupang, menjelaskan, mobil ambulance jenis pick up milik pemerintah Kabupaten Kupang, tidak mampu melintasi ruas jalan di daerah pedalaman dengan kondisi jalan rusak berat seperti di kawasan pegunungan Amfoang Timur.
    Ia berharap pemerintah pusat dapat memberikan bantuan kendaraan operasional ambulans dengan kualifikasi dobel gardan untuk menjangkau masyarakat Kabupaten Kupang yang bermukim di wilayah pedalaman perbatasan dengan negara Timor Leste.
    “Petugas medis dari Kabupaten Kupang, apabila bertugas ke Oepoli harus melintasi 160 sungai dengan bentangan sungai yang sangat panjang, kondisi seperti ini tidak bisa dilintasi mobil jenis pick up. Hanya dengan kendaraan dobel gardan bisa menembus medan di pedalaman Kabupaten Kupang,” ujarnya.
    Ia mengatakan pada saat musim hujan para petugas kesehatan selalu dihadapkan dengan kondisi alam yang membahayakan keselamatan petugas, karena sungai-sungai yang dilintasi kendaraan petugas selalu terjadi banjir saat terjadi hujan lebat.
    Menghadapi kondisi alam seperti itu petugas kesehatan sering menginap di sekitar bantaran sungai jika terjadi banjir.
    “Jika terjadi banjir petugasnya menginap dalam perjalanan, ketika banjir mulai surut petugas kesehatan bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunankan bus atau sepeda motor,” kata Amaheka.
    Ia mengatakan, petugas kesehatan di daerah ini sangat membutuhkan bantuan mobil ambulans dengan spesifikasi dobel gardan, sehingga pelayanan kesehatan terhadap masyarakat yang bermukim di wilayah pedalaman yang berbatasan dengan negara Timor Leste dapat dilakukan secara maksimal.(anjas)

     

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com