• PDAM Seruyan Siap Bantu Pemerintah Kelola SPAM

    0

         Kuala Pembuang, Kalteng, jurnalsumatra.com – Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Dharma Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah siap membantu pemerintah setempat untuk mengelola Sistem Penyedia Air Minum di sejumlah kecamatan yang saat ini belum berfungsi optimal.
    “Kalau memang disetujui, PDAM siap mengelola SPAM yang telah dibangun pemerintah di sejumlah kecamatan,” kata Direktur PDAM Tirta Dharma Kuala Pembuang, Sutrisman di Kuala Pembuang, Senin.
    Ia mengatakan, permintaan untuk mengelola SPAM di sejumlah kecamatan yang belum berfungsi dengan baik itu sudah disampaikan kepada Pemkab Seruyan.
    “Tapi itu perlu proses, sebelum diserahkan kepada PDAM, SPAM IKK harus diaudit terlebih dahulu untuk memastikan nilai aset milik pemerintah tersebut,” katanya.

         Sebelum adanya Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Air Bersih Dinas Pekerjaan Umum, pengelolaan SPAM di beberapa kecamatan pernah dipercayakan kepada PDAM, seperti SPAM yang ada di Kecamatan Danau Sembuluh dan Kecamatan Hanau.
    “Saat dikelola PDAM, SPAM itu beroperasi dengan baik untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat,” katanya.
    Ia menambahkan, apabila nanti pengelolaan SPAM diserahkan kepada PDAM, maka sistem pengelolaannya akan mengacu kepada PDAM, termasuk didalamnya tentang kebijakan pelanggaran mengenai pemasangan dan tarif berlangganan.
    Menurutnya, keberadaan SPAM di Seruyan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat di banyak desa yang tidak terjangkau jaringan PDAM.
    Apabila benar-benar dimaksimalkan SPAM juga dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kesulitan air bersih pada saat musim kemarau yang hampir terjadi setiap tahun.
    “Intinya kita siap mengelola SPAM yang bertujuan untuk meningkatkan pelanggan serta pelayanan PDAM dalam menyediakan air bersih bagi masyarakat,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com