• Palembang Minta Bantuan Bus Air ke Pusat

    0

    bus-airPALEMBANG, jurnalsumatra.com – Pemerintah kota Palembang terus memperbaiki pelayanan publik, salah satunya transporatasi air yang belum maksimal karena minimnya bus yang ada, untuk memaksimalkan program tersebut Pemkot akan meminta bantuan kepada Pemerintah pusat.

    “Kami mengupayakan penambahan bus air untuk menunjang moda transfortasi air.Saat ini kita baru memiliki 4 bus air yang dikelola Dishub,”Kata Walikota Palembang, Harnojoyo, Minggu (16/10/2016).

    Dikatakan Harnojoyo, kapasitas bus air ini masih sangat minim sehingga memang harus ditingkatkan lagi.karena satu bus air yang ada saat ini hanya mampu menampung sekitar 30 penumpang.

    “Kita akan upayakan untuk penambahan bus air dengan kapasitas bisa mencapai 150 penumpang, sehingga menjadi berkembang lagi,”kata Harnojoyo.

    Upaya penambahan akan diusahakan pihaknya dari bantuan berbagai pihak dan juga termasuk dari kementrian perhubungan. Selama ini, bus air banyak dipakai untuk kegiatan pariwisata namun banyak juga dimanfaatkan masyarakat umum.

    Harno menilai transfortasi ini akan diminati karena bakal mengurai kemacetan.Karena itu, lanjut dia sesuai arahan Menteri perhubungan yang mengatakan Palembang dapat menjadi contoh moda transfortasi yang terintegritas pihaknya pun akan terus mengembangkan ini.”Saat ini kita ada empat halte terintegrasi yang menyambung dari darat ke sungai dan sebaliknya,”ujarnya.

    Ia mengatakan empat dermaga yang dimiliki saat ini yakni dermaga point Benteng Kuto Besak (BKB), Jakabaring, Kertapati dan 32 ilir.Kedepan halte terintegrasi ini akan diperbanyak lagi.

    “ kita perbanyak.Sehingga saat masyarakat naik melalui moda transfortasi air dan singgah ke dermaga yang langsung terintegrasi ke halte bus transmusi,”tukasnya.

    Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia (RI) Budi Karya Sumadi mengatakan, konsep pengembangan moda transportasi di Sumsel khususnya Palembang yang ingin adanya integrasi dari darat ke sungai sangat diapresiasi pihaknya. Ditengah kondisi Kota Palembang kedepannya dengan kemacetan yang sudah mulai merambah konsep moda transportasi terintegrasi sangat bagus untuk dikembangkan.

    “Palembang sudah miliki moda transportasi yang lengkap mulai dari LRT, Bus Transmusi dengan haltenya, bus air dan kereta api,”Jelasanya.

    Dengan moda transportasi yang sudah dimiliki Palembang saat ini, sangat baik untuk mengembangkan moda transportasi yang terintegrasi.

    Pasalnya selain akan memudahkan masyarakat dari Palembang maupun dari luar Palembang juga sebagai pemecah kemacetan di tengah-tengah kota.(eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com