• Obyek Wisata Kaliurang dan Tlogo Putri tidak Ditutup

    0

    logo-slemanSleman, jurnalsumatra.com – Terkait longsor di kawasan Tlogo Putri, Kaliurang, Sleman, yang terjadi Selasa (11/10/2016), kawasan obyek wisata Kaliurang dan Tlogo Putri tidak ditutup, hingga pengunjung wisata Kaliurang tetap bisa menikmati keindahan obyek wisata tersebut. Hal tersebut terungkap saat rapat koordinasi di Posko Utama Pakem, hari ini yang dihadiri BPBD Sleman, Balai TNGM Yogyakarta, PDAM Sleman, Dinas SDAEM Sleman, Kepala Desa Hargobinangun Pakem, Kepala Desa Umbulharjo Cangkringan, dll.

    Diakui pihak TNGM (Taman Nasional Gunung Merapi) Yogyakarta, yang ditutup hanya obyek wisata alam Muncar di Air Terjun karena terjadi longsor. “Hal itu dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan semata-mata untuk keselamatan pengunjung,” kata Dra Sri Winarti, Kabag Humas Pemkab Sleman, Jum’at (14/10/2016).

    Terkait air bersih yang bersumber dari  mata air di sekitar Kaliurang yang berdampak putusnya saluran air atau peralon milik PDAM Sleman, yang berakibat terganggunya pelanggan PDAM, mulai hari uni sudah normal kembali. “Hanya debitnya memang belum maksimal,” kata Sri Winarti lagi yang menambahkan konsumen tidak perlu kawatir.

    Sedangkan longsor yang terjadi di tebing sisi barat jembatan Plunyon Kali Kuning selebar 5 meter dengan tinggi 18 meter, saat ini sudah dilakukan perbaikan dengan membersihkan material longsoran. Dan alur sungai tidak tertutup material longsoran serta untuk irigasi tidak terganggu.

    Sementara itu, longsor yang terjadi di Kaliurang ada 3 lokasi yaitu longsor di area wisata air terjun muncar dan oleh TNGM memang ditutup untuk sementara waktu, Untuk longsor di area wisata arah Pronojiwo ada 4 titik, dan longsor di atas bekas kolam renang Tlogo Putri ada 1 titik. “Dari beberapa titik longsor tersebut saat ini sudah dilakukan pembersihan material longsoran,” terang Sri Winarti. (Affan)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com