• NTT Sedot Wisatawan Dari Timor Leste

    0

        Kupang, jurnalsumatra.com – Nusa Tenggara Timur memanfaatkan lancarnya arus transportasi darat dan udara untuk menyedot wisatawan dari Timor Leste, negara setengah Pulau Timor yang baru merdeka pada 2002 setelah berpisah dengan NKRI melalui referendum pada 1999.
    “Dengan semakin lancarnya arus transportasi darat dan udara, merupakan sebuah peluang bagi kita untuk menyedot wisatawan dari wilayah bekas jajahan Portugis itu,” kata Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT Marius Ardu Jelamu kepada Antara di Kupang, Rabu.
    Ia menambahkan layanan transportasi darat ini akan semakin memperlancar akses orang dan barang keluar dan masuk ke dua wilayah negara sehingga bisa meningkatkan kerja sama ekonomi kedua pihak.
    “Untuk pariwisata juga jelas akan menguntungkan karena para pengunjung dari Timor Leste maupun dari negara lain yang masuk melewati Timor Leste bisa langsung ke NTT dengan mudah,” katanya.

        Selain melalui jalur darat, lanjut Marius, akses transportasi kedua negara tersebut nantinya akan lebih mudah ketika penerbangan rute Kupang-Dili mulai beroperasi pada 30 Oktober 2016 yang rencananya akan dilayani maskapai Lion Air.
    Marius mengatakan, pemerintah terus berupaya mempererat hubungan kerja sama dan persaudaraan dengan Pemerintah Timor Leste sebagai negara tetangga yang berbatasan wilayah secara langsung sehingga bisa menggerakkan peningkatan hubungan ekonomi yang menguntungkan bagi keduanya.
    “Jika akses transportasi dan komunikasi kita berjalan dengan lancar maka akan menggerakkan perekonomian kita karena arus pemasaran barang dan jasa menjadi lebih mudah,” katanya.
    Oleh karenanya, lanjut dia, untuk agenda kerja sama di masa mendatang pihaknya akan mengundang Timor Leste untuk berpartisipasi dalam kegiatan lain yang diadakan oleh pemerintah setempat.
    “Sudah kita bahas bersama pemerintah Timor Leste untuk tahun depan akan mengundang mereka dalam festival budaya Nusa Tenggara Timur,” demikian Marius Ardu Jelamu.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com