• NTT Perbaiki Jaringan Irigasi 500 Ribu HA      

    0

    Kupang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam tahun 2016 brencana melakukan perbaikan terhadap jaringan irigasi seluas 500 ribu hektare, yang tersebar di seluruh wilayah itu.
    “Tahun 2015 kami melakukan perbaikan jaringan irigasi yang rusak seluas 58 ribu hektare. Tahun 2016 ini, kita targetkan 500 ribu hektare,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan  Provinsi Nusa Tenggara Timur Yohanis Tay kepada Antara di Kupang, Senin.
    Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan upaya penanganan terhadap kerusakan jaringan irigasi di provinsi berbasis kepulauan itu, dalam rangka meningkatkan produksi pangan.
    Penanganan terhadap kerusakan jaringan irigasi ini dilakukan secara bersama-sama, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Pertanian dan Perkebunan dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
    Menurut dia, perbaikan jaringan irigasi ini lebih difokuskan pada jaringan irigasi yang airnya masih tersedia, sehingga bisa langsung dimanfaatkan untuk menanam tanpa harus menunggu sampai musim hujan.
    “Tahun ini kita akan memperbaiki jaringan seluas 500 ribu hektare. Prioritas pada air yang masih tersedia. Kita juga masih terus menyisir jaringan-jaringan irigasi yang belum selesai ditangani pada 2015 lalu,” ujarnya.
    Mengenai penanganan, dia mengatakan, penanganan dengan menggunakan DAK Pertanian dan Perkebunan dilakukan melalui kelompok petani dengan sistem swadaya, dengan dibantu personel TNI di daerah-daerah.
    Dia mengatakan, penanganan melalui sistem swadaya ini lebih efektif karena para petani bisa diberdayakan, disamping tidak ada permasalahan sosial di lapangan antara pihak ketiga dengan para petani.
    Apalagi, kerusakan jaringan irigasi umumnya karena sendimen dan tidak terlalu sulit untuk dilakukan perbaikan, ucap Yohanis Tay.
    Dia berharap, paling lambat 2017 mendatang, semua jaringan irigasi yang selama ini tidak berfungsi, sudah normal kembali, sehingga produksi pangan bisa lebih meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com