• Narapidana Dewasa Di Lapas Tomohon Akan Dipindahkan

    0

    Manado, jurnalsumatra.com- Narapidana dan tahanan dewasa yang berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Anak Tomohon, Sulawesi Utara, akan dipindahkan.
    “Narapidana dan tahanan dewasa akan digeser ke sejumlah Lapas yang ada di provinsi tersebut seperti Lapas Tondano, Lapas Manado,” kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asazi Mananusia Antonius Ayorbab, di Manado, Selasa.
    Antonius Ayorbaba mengatakan, sesuai implmentasi UU nomor 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan pidana anak, maka sejak 15 Agustus Lapas anak telah mengalami perubahan nomenklatur.
    “Lapas Anak Tomohon dan seluruh Lapas Anak di Indonesia  telah berubah menjadi Lembaga  Pembinaan Khusus Anak (LPKA),” kata Antonius.
    Antonius mengatakan, dengan demikian kedepan, akan memindahkan semua anak yang berada di Lapas maupun Rumah Tahanan Negara (Rutan) di Sulut ke Tomohon.
    Kemudian narapidana maupun tahanan dewasa di Tomohon akan dipindahkan ke sejumlah Lapas yang tersebar di Sulut.
    Dengan dijadikannya LPKA Tomohon,  telah ditindaklanjuti dengan pembongkaran terali di salah sebuah blok di lembaga tersebut.
    Jadi di LPKA tersebut tidak lagi menempatkan anak di sel blok yang ada terali.
    “Nantinya di LPKA itu akan dibangun pusat pendidikan, pusat pembinaan  yang akan diarahkan untuk anak-anak bisa mengalami perubahan sikap, perilaku, dan mentalitas mereka,” katanya.
    Jumlah narapidana dan tahanan di Lapas Tomohon pada awal Agustus 2015 sekitar 109 orang terdirii 53 dewasa dan 56 anak-anak.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com