• MTM 2 Promosikan Wisata Bahari Sumbar

    0

        Bukittinggi, jurnalsumatra.com – Asosiasi Profesional Pariwisata Indonesia (Asppi) Sumatera Barat (Sumbar), menggelar Minangkabau Travel Mart 2 (MTM 2) yang akan difokuskan untuk mempromosikan wisata bahari daerah itu.
    Ketua Pelaksana MTM 2 Syafril dalam konferensi pers yang digelar di Bukittinggi, Jumat(30/9) malam, mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan untuk kedua kalinya itu digelar 3-6 Oktober 2016 dan fokus mengenalkan wisata Kawasan Mandeh, di Kabupaten Pesisir Selatan dan Kapubaten Kepulauan Mentawai.
    “MTM 2 merupakan model pemasaran pariwisata dengan konsep ‘business meeting’ namun dikemas secara santai dan rekreatif. Akan ada pertemuan antara penjual (seller) dan pembeli (buyer) yang mana keduanya adalah pelaku di bidang pariwisata,” katanya.
    Ia menjelaskan, ‘seller’ merupakan pihak penjual produk yang bergerak di bidang kepariwisataan seperti biro perjalanan,hotel dan restauran dari Sumbar, sementara ‘buyer’ yaitu pihak-pihak dari dalam dan luar Sumbar yang nantinya akan membawa tamu mereka berkunjung ke daerah yang dipromosikan dalam MTM 2.
    Pada MTM 1, Syafril menyebutkan, kegiatan itu diikuti oleh 100 ‘buyer’ dengan sasaran promosi wisata pegunungan dan kegiatan di pusatkan di Bukittinggi.

         “Di MTM 2, ada peningkatan ‘buyer’ sebanyak 50 persen menjadi 150 yang terdiri dari 120 ‘buyer’ nusantara dan 30 ‘buyer’ Malaysia sehingga kami mencari lokasi yang lebih luas dan memilih Padang sebagai pusat kegiatan, namun di hari ketiga kegiatan, para peserta tetap akan dibawa mengunjungi daerah lain di Sumbar seperti Bukittinggi, Agam dan sekitarnya,” jelasnya.
    Sekretaris MTM 2, Ranti menambahkan, kegiatan itu pertama kali dicetuskan di Bukittinggi pada 2015.
    MTM 2 akan mengangkat tema ‘Seller Meet Buyer in West Sumatera’ dan akan mengenalkan secara lebih detail potensi wisata bahari Sumbar.
    “Sebelum peserta diajak mengunjungi langsung objek yang dipromosikan, di Padang akan ada pertemuan bisnis terlebih dahulu antara ‘seller’ dan ‘buyer’ yang dinamakan ‘Tabble Top’. Dalam kesempatan itu akan berlangsung kegiatan pengenalan wisata antara kedua pihak,” paparnya.
    Direncanakan, MTM 2 akan dibuka oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang dan ditutup oleh Wali Kota Bukittinggi M Ramlan Nurmatias.
    Sementara Kepala Bidang Pariwisata Bukittinggi, Emil Anwar mengatakan, pemerintah daerah menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut.
    “Baru-baru ini Sumbar masuk dalam destinasi wisata halal dan Kawasan Mandeh serta Kabupaten Mentawai juga cukup disorot. Kami harap melalui MTM 2 akan lebih mengenalkan objek wisata itu dan objek lainnya yang juga akan dikunjungi peserta,” katanya.
    Ia mengatakan, pihaknya siap mendukung kegiatan itu dengan memfasilitasi kegiatan tersebut dengan menyiapkan penampilan seni, ‘sound system’, dan lokasi untuk acara makan malam peserta saat berada di Bukittinggi.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com